Sistem Informasi Pengolahan Data Di Laundry Yuri

Burhan, Alfrytian (2018) Sistem Informasi Pengolahan Data Di Laundry Yuri. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada jaman sekarang ini manusia dihadapkan pada kecanggihan teknologi informasi. Sistem informasi dan teknologi komputer berkembang sangat pesat sejalan dengan besarnya kebutuhan terhadap informasi. Laundry YURI merupakan jenis usaha yang melayani kebutuhan pelayanan jasa laundry yang bertempat di Jl. Cisitu Indah IV No.261 Bandung. Terdapat beberapa pemasalahan yang terjadi di Laundry YURI seperti, nota laundry yang masih belum terkomputerisasi, konsumen masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi jika laundry sudah selesai, pembuatan laporan masih belum terkomputerisasi. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengolahan data yang sedang berjalan di Laundry YURI, untuk mengetahui metode pengujian apa yang akan digunakan pada aplikasi guna memperbaiki pengolahan data yang sedang berjalan di Laundry YURI, dan untuk mengetahui cara mengimplementasikan sistem pengolahan data guna memperbaiki pengolahan data yang sedang berjalan di Laundry YURI. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pemrograman berorientasi objek atau OOP (object-oriented programing) dan dalam pengembangan sistem informasinya penulis menggunakan pengembangan prototype. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan peninjauan atau observasi serta wawancara secara langsung di Laundry YURI. Alat bantu penelitian yang penulis gunakan adalah UML dengan bentuk Use Case, Skenario Use Case, Diagram Activity, Sequence Diagram, Class Diagram, Component Diagram, Deployment Diagram, Object Diagram. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat perancangan sistem ini yaitu PHP dan database MySql. Dengan dibuatnya sistem informasi ini diharapkan dapat memudahkan petugas dalam pembuatan nota. Dengan dibuatnya sistem informasi ini konsumen diharapkan dapat dengan mudah mendapatkan informasi jika laundry sudah selesai melalui pesan email. Pembuatan laporan kini sudah terkomputerisasi sehingga diharapkan lebih mudah untuk mengurutkan data transaksi pada nota. Penulis sangat mengharapkan adanya perkembangan pada aplikasi ini di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pelayanan jasa laundry, metode pemrograman berorientasi objek, pengembangan prototype, PHP, database MySql.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58701

Actions (login required)

View Item View Item