Purwarupa Sistem Smart Hidroponik Sebagai Penunjang Kegiatan Praktikum Berbasis Internet Of Things (Studi Kasus Di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang)

Hardianto, Dena (2018) Purwarupa Sistem Smart Hidroponik Sebagai Penunjang Kegiatan Praktikum Berbasis Internet Of Things (Studi Kasus Di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Smart Hidroponik adalah sebuah perancangan purwarupa aplikasi hidroponik yang dilengkapi dengan sistem komputasi data dan teknologi informasi, yang dapat merespon hingga memenuhi kebutuhan guru praktikum dan siswa dalam melakukan kegiatan praktikum hidroponik, dengan mengandalkan sebuah konsep internet of things sehingga efisiensi, dan kondisi unsur tanaman dapat terus terjaga dengan baik tanpa harus datang ke greenhouse. Pembangunan sistem smart hidroponik ini bertujuan untuk dapat membantu kegiatan praktikum hidroponik di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang agar dapat membantu dalam memantau kondisi unsur tanaman di setiap kelompok praktikum hidroponik; dapat memberikan kemudahan kepada guru dan siswa agar dapat melakukan pemeliharaan secara jarak jauh terhadap unsur tanaman; serta kegiatan pencatatan laporan menjadi lebih mudah. Tahap pengerjaan dimulai dengan membangun sebuah Web Service RESTful API dengan pertukaran data berbasis JSON. Fungsi dari web service ini berfungsi sebagai penghubung dengan database yang melayani response dan request dari setiap masukkan atau aktivitas sesuai yang dibutuhkannya. Dan metode yang digunakan dalam pembangunan perangkat lunak menggunakan model prototype. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dengan diterapkannya sebuah konsep Internet Of things sebagai penunjang kegiatan praktikum hidroponik dapat membantu dan memenuhi kebutuhan dari masalah yang terkendala pada kegiatan praktikum hidroponik di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Internet Of Things, Hidroponik, Raspberry Pi, Arduino, RESTful API
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58738

Actions (login required)

View Item View Item