Pembangunan Aplikasi Berbasis Android Untuk Membantuk Mengatasi Stres Dengan Memanfaatkan Sensor Pada Wearable Xiaomi MI Band 2

Brian Siagian, Bon (2018) Pembangunan Aplikasi Berbasis Android Untuk Membantuk Mengatasi Stres Dengan Memanfaatkan Sensor Pada Wearable Xiaomi MI Band 2. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari begitu banyak problematika yang dialami setiap masing-masing orang dan tidak menutup kemungkinan problematika tersebut memberikan konsekuensi yang berat, salah satunya adalah stres. Stres tidak dapat dihindari dan sangat kecil kemungkinan untuk menghilangkannya dari kehidupan manusia. Stres tidak memandang usia, stres bisa menimpa siapapun mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan bahkan yang sudah lanjut usia sekalipun. Seseorang yang sedang mengalami stres cenderung mengalami perasaan tertekan yang jika dibiarkan berlarut dapat menyebabkan berbagai jenis masalah fisik maupun mental. Yang paling bisa dilakukan pada stres hanyalah mengelola stres tersebut agar tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu media yang dapat membantu seseorang untuk mengelola atau mengatasi stres yang dialami. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Heart Rate Variability (HRV). HRV merupakan suatu indikator yang valid untuk mendeteksi tingkat stres dan digunakan secara luas dalam penelitian dan studi klinis. HRV sendiri merupakan interval waktu antara dua detak jantung secara berturut-turut yang kemudian akan dihitung variasi dari keduanya. Analisis dari HRV menunjukkan informasi dari sistem saraf otonom manusia, yaitu sistem saraf simpatis dan parasimpatis. Hasil dari analisis HRV dapat mewakili seberapa baik tubuh seseorang beradaptasi dengan tekanan atau tuntutan. Berdasarkan hasil pengujian blackbox dan beta yang telah dilakukan pada tahap implementasi dan pengujian dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui tingkat stres yang dialami dan upaya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi stres tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Stres, Mengelola Stres, Heart Rate Variability (HRV), HRV dan Stres,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58765

Actions (login required)

View Item View Item