Perancangan Dan Implementasi Alat Pengukur Tinggi Badan Berat Badan Dan Detak Jantung Berbasis Mikrokontroler

Ridwan, Agus (2018) Perancangan Dan Implementasi Alat Pengukur Tinggi Badan Berat Badan Dan Detak Jantung Berbasis Mikrokontroler. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu keunggulan alat ini dapat mengukur ketiga parameter yaitu tinggi badan, berat badan, detak jantung dengan sistem otomatis dan ditampilkan dalam satu interface LCD Touchscreen dengan tingkat kesalahan pengukuran yaitu 1%. Dalam penelian ini telah dirancang suatu alat pengukur tinggi badan, berat badan, dan detak jantung berbasis mikrokontroler untuk sistem seleksi LKS SMK, data ditampilkan di LCD Touchscreen .Pada LCD Touchscreen terdapat sebuah tampilan yang dimana dapat menampikan nilai tinggi badan, berat badan, IMT, BPM,keterangan terkait IMT dan BPM, dan keterangan lulus atau tidak lulus dalam seleksi kesehatan dengan menggunakan alat pengukur tinggi badan,berat badan, dan detak jantung ini. Alat ini juga dirancang dengan mekanik otomatis, untuk pengukuran tinggi badan bisa digunakan tanpa bantuan orang lain atau sendiri, dengan nilai kesalahan 0.37% pada pengukuran tinggi badan, 0.21% untuk berat badan, dan 1% untuk detak jantung. Pengujian alat pegukur tinggi badan, berat badan, dan detak jantung ini dengan menggunakan alat yang digunakan didunia medis sebagai pembanding memperlihatkan alat yang dirancang ini dapat memenuhi spesifikasi alat yang diminta yaitu dengan nilai % kesalahan tidak lebih dari 1 %. Alat pengukur tinggi badan, berat badan, dan detak jantung yang di rancang dapat bekerja secara handal dan akurat untuk dipergunakan pada sistem seleksi LKS SMK. Penggunaan Ultrasonik Hc-sr04, Loadcell dan Pulse Sensor menjadikan alat ini akurat dan relatif murah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat ukur tinggi badan,berat badan,dan detak jantung, Hc-sr04,Loadcell,Pulse sensor, Nextion LCD Touchscreen
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58803

Actions (login required)

View Item View Item