Perancangan Dan Implementasi Sensor Konduktivitas Dan Temperatur Air Dengan Teknologi Thick Film Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328 (Arduino Nano) Di Lipi Bandung

Pangestu Aji, Gilang (2018) Perancangan Dan Implementasi Sensor Konduktivitas Dan Temperatur Air Dengan Teknologi Thick Film Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328 (Arduino Nano) Di Lipi Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam penelitian ini telah dirancang suatu sistem pembacaan sensor konduktivitas dan temperatur untuk mengetahui parameter air yang dapat di komsumsi dengan menggunakan teknologi thick film. Thick film atau film tebal merupakan suatu pembuatan sensor elektrokimia dengan cara screen printing dengan proses pembuatan sensor meliputi tahap desain, pemilihan bahan, dan fabrikasi. Pada tulisan ini akan dipaparkan proses pembuatan sensor konduktivitas dan temperatur serta pembacaan sensor berbasis mikrokontroler Atmega328 yang dapat menyimpan dan menampilkan kembali dari hasil pembacaan sensor. Dalam pembuatannya konduktivitas konstanta sel yang digunakan sebesar 0,2〖cm〗^(-1). Dari hasil kalibrasi sensor terhadap nilai ADC mikrokontroler, didapatkan hasil persamaan least square konduktivitas y= -20,46 + 4,75x dan sensor temperatur y = 52,12 + -0,00199x. Persamaaan inilah yang selanjutnya dikonversi di dalam mikrokontroler. Pada perancangan alat jika baterai dalam kondisi penuh dapat menyala tanpa henti selama 15 jam 23 menit setelah itu baterai harus diisi ulang kembali, sedangkan untuk penyimpanan perangkat sanggup menyimpan sebanyak 33.333.333 data pengukuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sensor Film Tebal, Elektrokimia, Mikrokontroler, Temperatur, konduktivitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58805

Actions (login required)

View Item View Item