Kerjasama Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) Dalam Asean National Police (ASEANAPOL) Untuk Menangani Terorisme Di Indonesia periode 2013-2016

Asani Albanjari, Muchlish (2018) Kerjasama Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) Dalam Asean National Police (ASEANAPOL) Untuk Menangani Terorisme Di Indonesia periode 2013-2016. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam mengumpulkan data-data, peneliti melakukan studi lapangan, studi pustaka, pene-lusuran online dan menggunakan teknik purposive untuk menentukan narasumber. Sedangkan teknik untuk menganalisis data menggunakan triangulasi data. Peneliti menganalisa beragam bentuk, upaya, Kendala Serta efektifitas kerjasama POLRI dalam ASEANAPOL dalam hal ini penulis menilai kerjasama yang ada adalah sebagai wadah bagi kepolisian se Asia Tenggara untuk menyalurkan pendapat serta solusi untuk memnangani Terorisme ataupun kejahatan lintas negara lain nya. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kerjasama yang dilakukan memang berjalan dengan baik karena di adakan setiap setahun sekali secara rutin namun disamping itu kerjasama yang dilakukan ini masih dirasa kurang karena penulis sendiri sulit mendapat informasi akurat seperti pertukaran informasi yang dilakukan, data terorisme dari tahun ke tahun serta pertukaran personil yang tercantum dalam point forum ASEANAPOL. Strategi diplomasi yang dilakukan POLRI maupun instansi terkait lainnya dalam forum ASEANAPOL atau biasa di sebut joint communique sangat diperlukan sebagai sarana untuk mencapai kesepakatan bersama. Diplomasi sangat berperan di dalam hubungan internasional. Upaya tersebut tentunya untuk menagntisipasi peneyebaran jaringan Terorisme agar tidak meluas. Tujuan akhirnya adalah mencapai kepentingan di bidang keamanan nasional dan menangani pelaku kejahatan terorisme yang melarikan diri ke negara ASEAN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: POLRI, ASEANAPOL, Terorisme, Joint communique, Diplomasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58847

Actions (login required)

View Item View Item