Upaya Diplomasi Indonesia Untuk Mencegah gerakan Separatis United Liberation Movement For West Papua (ULNWP) Bergabung Dengan Melanesian Spreahead Group (MSG) (2014-2017)

S, Rujutimnat and Momou, (2018) Upaya Diplomasi Indonesia Untuk Mencegah gerakan Separatis United Liberation Movement For West Papua (ULNWP) Bergabung Dengan Melanesian Spreahead Group (MSG) (2014-2017). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah penelitian ini adalah menjelaskan upaya diplomasi yang dilakukan Indonesia untuk mencegah gerakan separatis United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) begabung dengan Melanesian Spearhead Group (MSG) (2014-2017). Melanesian Spearhead Group (MSG) adalah forum negara-negara di wilayah Pasifik Selatan yang memiliki ras Melanesia yang mengakui integrasi Papua dalam NKRI namun pada kenyataannya Melanesian Spearhead Group melakukan bentuk-bentuk intervensi terhadap gerakan separatisme dijanjikan akan menjadi anggota penuh pada forum MSG. Skripsi ini bertujuan menganalisa peran pemerintah Indonesia berupaya mencegah gerakan separatis tidak menjadi anggota tetap dalam forum Melanesian Spearhead Group (MSG) dan diharapkan mampu menjadi informasi yang bermanfaat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi deksriptif analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalampenelitina ini melalui studi pustaka kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian selanjutnya dipaparkan menjadi sebuah urain penelitian. United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) merupakan kelompok separatis yang berada di wilayah Papua dengan segala cara ingin menjadi anggota tetap karena saat ini statusnya associate member dalam forum Melanesian Spearhead Group (MSG). Gerakan yang dilakukan merupakan bagian dari resistensi mengenai integrasi dan status politik, kekerasan HAM, pembangunan di Papua dan marginalisasi dan diskriminasi terhadap orang Papua. Dan hasil penelitian ini adalah upaya diplomasi yang dilakukan Indonesia yaitu meningkatnya langkah startegis di dalam Melanesian Spearhead Group (MSG) melalui kerjasama dengan beberapa negara anggota dan mereposisi kebijakan luar negeri Indonesia dan membangun hubungan yang lebih erat dengan Melanesian Spearhead Group (MSG) dengan demikian status indonesia meningkat yang sebelumnya adalah pengamat, menjadi anggota asosiasi. Status kelompok ULMWP tidak di akui keanggotaannya dalam dan memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena indonesia melalui konsep Politik Luar Negeri dengan model diplomasi menjadi alternatif-alternatif haluan kebijaksanaan yang di ambil oleh pemerintah dalam memperhitungkan untung dan rugi atas masing-masing alternatif tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Indonesia, Diplomasi, ULMWP, MSG dan HAM
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58853

Actions (login required)

View Item View Item