Pengaruh Soft Power Budaya Populer Jepang Terhadap Perkembangan Bidang Industri Kreatif Indonesia 2009-2015

Rangga Pradipta, Raditya (2018) Pengaruh Soft Power Budaya Populer Jepang Terhadap Perkembangan Bidang Industri Kreatif Indonesia 2009-2015. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah penelitian ini adalah mengenai pengaruh soft power budaya populer Jepang terhadap perkembangan bidang industri kreatif Indonesia tahun 2009 sampai tahun 2015. Latar belakang masalah adalah bagaimana Jepang menggunakan budaya populernya di dalam soft power-nya di Indonesia, mengapa industri kreatif Indonesia dipengaruhi dan didominasi oleh budaya populer Jepang, dan bagaimana prospek industri kreatif Indonesia kedepannya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian studi pustaka dengan sumber dari buku, jurnal, dan artikel akademik yang diterbitkan dan bisa dibaca di perpustakaan, dan melalui internet dengan menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian ini menganalisa upaya, dan bagaimana Jepang menggunakan budayanya yang meningkatkan soft power-nya sehingga budaya populernya mendominasi industri kreatif di Indonesia, dan apa tujuan Jepang dalam menyebarkan soft power-nya ke Indonesia. Penelitian ini juga meneliti bagaimana prospek masa depan industri kreatif Indonesia yang terpengaruhi oleh budaya populer anime, manga, dan video games Jepang. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumer Indonesia yang lebih menyukai budaya Jepang, maka para pembuat animasi, komik, dan video games Indonesia mempelajari, dan menggunakan gaya budaya populer Jepang untuk mendapatkan perhatian penggemar budaya populer Jepang di Indonesia, kemudian menambahkan gaya budaya Indonesia kepada karya mereka sehingga memunculkan gaya baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jepang, Indonesia, Budaya Populer, Anime, Manga, Video games, Industri kreatif.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58855

Actions (login required)

View Item View Item