Peranan Food And Agriculture Organization (FAO) Dalam Meningkatkan ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur Melalui program pertanian Konservasi

Besin Berek, Romano (2018) Peranan Food And Agriculture Organization (FAO) Dalam Meningkatkan ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur Melalui program pertanian Konservasi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan Food and Agriculture Organization (FAO) melalui Program Pertanian Konservasi dalam meningkatkan Ketahanan Pangan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), peneliti juga bermaksud ingin mengetahui bagaimana proses pelaksanaan Pertanian Konservasi di Provinsi NTT, serta ingin mengetahui apa saja kendala yang dihadapi FAO dalam pelaksanaan Pertanian Konservasi (PK), dan bagaimana perkembangan serta rencana slanjutnya FAO pasca berakhirnya program ini. Metode penelitiaan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sebagian besar data yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan, penelusuran data online, official report dan wawancara. Penelitian dilakukan di kantor perwakilan FAO yang berada di Jakarta serta di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur di Kupang, Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pelaksanaan Pertanian Konservasi di NTT dilakukan dengan beberapa tahap melalui survei dan uji lahan kemudian diadakannya Sekolah Lapangan Pertanian Konservasi (SL-PK). Terkait dengan perkembangannya FAO berhasil meningkatkan jumlah pengadopsi Pertanian Konservasi di NTT serta adanya pengadaan bibit maupun alat bantu PK di NTT. Dalam pelaksanaannya juga, FAO menghadapi beberapa kendala dan tantangan seperti kebiasaan petani di NTT yang cenderung sulit untuk dirubah, perubahan iklim yang drastis, akses maupun sarana prasarana di NTT dan beberapa faktor lainnya. Pertanian Konservasi di NTT ini dapat dikatakan berhasil dimana banyak petani yang mulai mengadopsi sitem pertanian ini serta makin menigkatnya jumlah produksi tanaman varietas jagung dibandingkan dengan menggunakan pertanian konvensional serta meningkatkan persediaan pangan NTT tiap tahunnya guna mencapai ketahanan pangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: FAO, NTT, Pertanian Konservasi, Ketahanan Pangan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58860

Actions (login required)

View Item View Item