Evaluasi Sistem Informasi Pasien Pada Puskesmas Menggunakan Kerangka kerja Cobit 5 (Studi Kasus: Puskesmas Cimahi Tengah Kota Cimahi)

Triantoro, Wowo (2018) Evaluasi Sistem Informasi Pasien Pada Puskesmas Menggunakan Kerangka kerja Cobit 5 (Studi Kasus: Puskesmas Cimahi Tengah Kota Cimahi). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Puskesmas merupakan organisasi non profit pada sektor publik, dimana peran teknologi informasi sangatlah penting dalam membantu kegiatan tersebut. Keberadaan dan kedudukan teknologi informasi saat ini perlu dilakukan tata kelola dimana peneliti menggunakan COBIT 5 dengan domain terpilih. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan proses sistem saat ini dengan domain COBIT 5, menghitung tingkat kapabilitas, menghubungkan penilaian COBIT 5 dengan instrumen Akreditasi Puskesmas, dan identifikasi dukungan sumber daya. Untuk memperoleh data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Tahapan yang dilakukan dalam melaksanakan evaluasi dengan melakukan perencanaan penelitian, menentukan ruang lingkup evaluasi, pengambilan dan pengolahan data, penilaian laporan dan evaluasi, pemetaan hubungan dengan pedoman penilaian Akreditasi di Puskesmas. Dari hasil penelitan dengan menggunakan balanced scordcard pada instrument COBIT 5 diperoleh domain terpilih adalah EDM02, EDM04, AP001, APO06, APO07, DSS01, DSS02, DSS05, dan DSS06. Dengan tingkat kapabilitas proses berada di level 1. penggunaan COBIT 5 pada Akreditasi Puskesmas, mendukung kegiatan penilaian pada Bab II dan Bab VII. Penilaian terhadap sumber daya dalam sistem informasi pasien menunjukan aktivitas yang masih belum memenuhi tingkat kapabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: COBIT 5, Tatakelola
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58881

Actions (login required)

View Item View Item