Perencanaan Framework Togaf ADM Untuk Pengembangan Enterprise Architecture Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi

Herdiana, Oding (2018) Perencanaan Framework Togaf ADM Untuk Pengembangan Enterprise Architecture Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu bidang yang merasakan dampak dari perkembangan teknologi adalah bidang kesehatan. Peningkatan mutu pelayanan kesehatan terus dilakukan pemerintah, antara lain dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Institusi kesehatan yang dipilih sebagai studi kasus penelitian ini adalah Dinkes Kota Cimahi. Arsitektur enterprise mengandung arti perencanaan, pengklasifikasian, pendefinisian, dan rancangan konektifitas dari berbagai komponen yang menyusun suatu enterprise yang diwujudkan dalam bentuk model dan gambar serta memiliki komponen utama yaitu arsitektur bisnis, arsitektur informasi (data), arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknologi. Saat ini ada beragam jenis framework yang menunjukkan perkembangan konsep arsitektur enterprise, diantaranya adalah Zachman framework, Federal Enterprise Architecture Framework (FEAF), DoD Architecture Framework (DoDAF), Treasury Enterprise Architecture Framework (TEAF), serta The Open Group Architectural Framework (TOGAF). TOGAF memiliki kelebihan bersifat fokus pada siklus implementasi Architecture Development Method (ADM), lebih detail, dan lengkap. Oleh karena itu, framework yang digunakan untuk penelitian ini adalah TOGAF. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pemodelan arsitektur enterprise ini, memberikan panduan dalam membuat cetak biru untuk pengembangan sistem informasi implementasi SPM-BK untuk data, aplikasi, bisnis, dan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Architecture, Enterprise, TOGAF, ADM
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58883

Actions (login required)

View Item View Item