Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi keluarga Dan Asal Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI)

Hermanto, Cahyo (2018) Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi keluarga Dan Asal Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Selama ini hasil belajar mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMKS Luhur Baladika Batujajar (LBB) kelas XI jurusan Farmasi, Tkj dan Perbankan rendah dan dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Disini penulis tertarik meneliti untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar diantaranya yaitu hubungan antara latar belakang sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI, hubungan antara asal sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI dan pengaruhnya latar belakang ekonomi keluarga dan asal sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI. Penelitian ini di SMKS Luhur Baladika Batujajar Kab. Bandung Barat dengan menggunakan penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Deskripsi variabelnya adalah latar belakang sosial ekonomi dan asal sekolah sebagai variabel dependen sementara hasil belajar mata pelajaran KKPI sebagai variabel independen. Pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Uji validasi menggunakan korelasi pearson dan uji reliabilitas menggunakan cronchbach alpha. Uji hipotesisnya menggunakan chi square dan analisis regresi berganda (uji F dan Uji t). Keluaran yang diharapkan siswa hasil belajarnya KKPI diatas KKM. Hasil penelitian bahwa ada hubungan signifikan antara latar belakang sosial ekonomi keluarga dengan hasil belajar mata pelajaran KKPI, ada hubungan signifikan antara asal sekolah dengan hasil belajar mata pelajaran KKPI dan ada pengaruh yang signifikan antara latar belakang sosial ekonomi keluarga asal sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI. Rekomendasi siswa memiliki kemampuan, keterampilan komputer yang lebih baik dari sebelumnya. Manfaat penelitian adalah dapat mendukung teori mengenai ada atau tidaknya pengaruh latar belakang sosial ekonomi keluarga dan asal sekolah, bagi guru sebagai bahan evaluasi atau perbaikan dalam proses pembelajaran yang disesuaikan dengan keadaan siswa, agar dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan khususnya dalam mata pelajaran KKPI, bagi sekolah sebagai informasi tambahan atau pedoman untuk menentukan langkah-langkah atau rencana yang harus dijalankan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, bukan saja dalam mata pelajaran KKPI akan tetapi dalam mata pelajaran lainnya, bagi penulis hasil penelitian ini digunakan sebagai informasi dan bahan pertimbangan bagi penelitian yang obyek permasalahan sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, hubungan, sosial ekonomi, asal sekolah, hasil belajar
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58884

Actions (login required)

View Item View Item