Analisis Produktivitas Objective Matrix (OMAX) Ditinjau Dari Keselamatan Dan kesehatan Kerja Dilantai Produksi Di CV. Grand Manucaturing Indonesia

Ary Pratama, Ferdian (2018) Analisis Produktivitas Objective Matrix (OMAX) Ditinjau Dari Keselamatan Dan kesehatan Kerja Dilantai Produksi Di CV. Grand Manucaturing Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV Grand Manufacturing Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi saringan oli, saringan oli tersebut akan dikirim ke beberapa intansi yang sudah memesan. Semakin banyaknya pesanan dari konsumen maka semakin tinggi target yang harus dicapai oleh karyawan yang bekerja dilantai produksi. Dengan adanya target yang tinggi dari konsumen, perusahaan perlu menyusun dan menyiapkan strategi agar para karyawan terhindar dari kecelakaan kerja saat melakukan produksi saringan oli. Jika perusahaan mampu melindungi para karyawannya saat bekerja maka target produksi yang diinginkan bisa tercapai. Sebagai perusahaan yang memproduksi saringan oli, peningkatan produktivitas perusahaan akan dipengaruhi oleh karyawan yang bekerja dilantai produksi. Diperlukan suatu metode pengukuran produktivitas dengan tujuan untuk mengetahui tingkat produktivitas berdasarakan beberapa kriteria yang ada. Metode objective matrix bisa digunakan untuk mengukur sebuah produktivitas berdasarkan beberapa kriteria yang ada. Untuk menentukan hasil dari objective matrix berdasarkan keselamatan dan kesehatan kerja dilakukan perhitungan mencari nilai matrix sasaran dari setiap kriteria seperti produktivitas tenaga kerja, kekerapan kecelakaan kerja,keparahan kecelakaan kerja dan efektivitas kehadiran karyawan. Setelah mendapatkan nilai sasaran lalu melakukan konversi nilai bobot, lalu menghitung nilai interpolasi dari level 1 hingga level 10 setelah itu menjumlahkan nilai indikator performansi yang akan digunakan untuk menentukan indeks produktivitas. Kecelakaan kerja sangat berpengaruh terhadap tingkat produktivitas dilantai produksi. karena jika karyawan mengalami kecelakaan yang sangat parah maka perusahaan akan kehilangan hari kerja karyawannya di lantai produksi dan akan berakibat hasil produksi yang dihasilkan karyawan dilantai produksi akan menurun. hal tersebut adalah faktor yang sangat mempengaruhi turunnya produktivitas jika setiap periode terdapat kecelakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan dan Keshatan Kerja,Objective Matrix, Produktivitas.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58886

Actions (login required)

View Item View Item