Pola Komunikasi Organisasi Tiger Association Bandung (tab) (studi deskriptif mengenai pola komunikasi organisasi tiger association bandung (tab) dalam mempertahankan solidaritas antar anggotanya)

Ridwan, Riri (2018) Pola Komunikasi Organisasi Tiger Association Bandung (tab) (studi deskriptif mengenai pola komunikasi organisasi tiger association bandung (tab) dalam mempertahankan solidaritas antar anggotanya). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi di Tiger Association Bandung dalam mempertahankan solidaritas anggotanya. Dengan sub-fokus penelitian proses komunikasi, peranan komunikasi dan hambatan komunikasi. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian studi deskriptif. Melalui teknik purposive sampling, diperoleh 2 (dua) orang informan kunci dan 3 (tiga) informan pendukung. Data penelitian diperoleh lewat observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online dan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses komunikasi dimana dalam organisasi Tiger Association Bandung menggunakan proses komunikasi primer atau secara langsung bertatap muka dan proses komunikasi secara sekunder atau menggunakan media untuk berkomunikasi. Dalam organisasi Tiger Association Bandung peranan komunikasi yang paling penting adalah para petinggi (Opinion Leader) dan Koordinator Bidang Humas (Gatekeepers) dimana koordinator bidang humas berperan untuk menyampaikan informasi untuk disampaikan kepada pengurus dan anggota Tiger Association Bandung dan ketua umum berperan untuk mengawasi hal ini yang menimbulkan dan memepertahankan solidaritas antar anggota didalam organisasi Tiger Association Bandung, serta terdapat hambatan komunikasi dalam organisasi Tiger Association Bandung yaitu hambatan teknis pada saat rutinitas rutin mingguan (Kopdar), hambatan teknis pada saat melakukan Touring seperti tidak ada sinyal, tidak memiliki Contact anggota, serta hambatan perbedaan bahasa pada saat berkomunikasi secara informal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pola komunikasi dalam Tiger Association Bandung mencakup dari Proses Komunikasi, Peranan Komunikasi dan Hambatan Komunikasi yang bila digambarkan akan membentuk pola komunikasi rantai, hal tersebut akan mempertahankan solidaritas antar anggota Tiger Association Bandung. Peneliti menyarankan sebaiknya organisasi Tiger Association Bandung tetap mempertahankan solidaritas antar anggotanya serta lebih meningkatkan intensitas dalam berkomunikasi secara primer atau secara langsung dan menambahkan kegiatan yang dapat meningkatkan solidaritas antar anggota seperti acara Fun Gathering Tiger association Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Organisasi, Pola Komunikasi, Tiger Association Bandung.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58929

Actions (login required)

View Item View Item