Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara kematian Adat Rambu Solo Di Toraja (studi etnografi mengenai aktivitas komunikasi dalam upacara kematian adat rambu solo di Toraja )

Hardianto, Fisena (2018) Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara kematian Adat Rambu Solo Di Toraja (studi etnografi mengenai aktivitas komunikasi dalam upacara kematian adat rambu solo di Toraja ). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam tentang aktivitas komunikasi dalam upacara kematian adat Rambu Solo di Toraja dengan melihat situasi, peristiwa dan tindakan komunikatifnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dan metode yang digunakan adalah deksriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara mendalam, observasi partisipan, studi pustaka, dokumentasi, dan internet searching. Objek dalam penelitian ini adalah upacara kematian adat rambu solo di Toraja dan subyek penelitiannya adalah To Mebalun (pemimpin upacara rambu solo) beserta dua orang informan, dengan menggunakan teknik snowball. Hasil penelitian ini memiliki aktivitas komunikatif dengan situasi komunikatifnya bersifat sakral meskipun bersuasana hangat dan terbuka, kemudian peristiwa komunikatif memiliki makna yang sangat mendalam kemudian diekspresikan dalam bentuk nyanyian, tarian dan doa Isi pesan dari peristiwa ini ialah rasa duka dan harapan yang diungkapkan baik secara verbal maupun non-verbal baik itu saat persiapan, pelaksanaan ataupun penutup dalam urutan kegiatan. Adapun tindakan komunikatif yang terjadi berupa perintah seperti larangan menyentuh mayat, larangan penggunaan baju merah dan hitam bagi pelayat. kemudian juga kewajiban menyediakan hewan kurban berdasarkan kelas sosialnya dengan perilaku non-verbal seperti makan bersama sebagai bentuk penghormatan dan kebersamaan, pemotongan hewan kurban dengan sekali tebasan, serta tari-tarian dan nyanyian. Peneliti menyimpulkan bahwa upacara kematian adat rambu solo ini merupakan prosesi pengantaran jenazah kealam kubur dan sebagai bentuk ketaatan masyarakat Toraja yang menganut keyakinan Allo Todolo kepada leluhurnya. Sehingga melalui prosesi ini keluarga yang ditinggalkan dapat mengikhlaskan orang yang telah meninggal. Peneliti menyimpulkan agar masyarakat Toraja dapat terus melaksanakan upacara rambu solo dan mewariskan kebudayaan yang mereka miliki kepada keturunan mereka meskipun dunia digerus oleh modernisasi sehingga upacara kematian adat rambu solo ini tetap ada dan menjadi warisan kebudayan dunia dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Komunikasi, Etnografi Komunikasi, Upacara Adat, Kebudayaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58934

Actions (login required)

View Item View Item