Pembingkaian Berita Pribumi Dalam Pidato Anies Baswedan Di Pelantikan Gubenur DKI Jakarta

Imam Hakiki, Fanfi (2018) Pembingkaian Berita Pribumi Dalam Pidato Anies Baswedan Di Pelantikan Gubenur DKI Jakarta. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembingkaian berita Pribumi dalam pidato Anies Baswedan di pelantikan Gubernur DKI Jakarta pada media online Kompas.com. Peneliti menggunakan empat kategori yang dijadikan sub fokus yaitu pendefinisian masalah, memperkirakan penyebab masalah, membuat keputusan moral, dan menekankan penyelesaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metodologi kualitatif dengan model analisis framing Robert N. Entman. Model ini digunakan untuk mengetahui bagaimana media massa mengkonstruksikan suatu realitas melalui dua dimensi besar yaitu seleksi isu dan penonjolan isu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembingkaian berita pribumi dalam pidato Anies Baswedan di pelantikan Gubernur DKI Jakarta pada media online Kompas.com merupakan sebuah pembentukan hegemoni media massa kepada masyarakat untuk melihat suatu realitas, memaknai peristiwa, mempengaruhi serta menggiring citra yang negatif seorang pejabat publik, yaitu Anies Baswedan. Media online Kompas.com berperan penting dalam mengkonstruksi dan memegang kendali atas citra seorang politikus sekalipun pejabat publik. Dimana Kompas.com dapat membingkai suatu isu politik dan menggiring sebuah opini publik dengan pembentukan hegemoninya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Robert N. Entman, Pembingkaian Berita Pribumi, Pidato Anies Baswedan, Pelantikan Gubernur DKI Jakarta
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58935

Actions (login required)

View Item View Item