Pembingkaian Berita Pertentangan Angkutan Konvensional Dengan Angkutan Berbasis Aplikasi Di Kota Bandung (Analisis Framing : Robert N. Entman Berita Pertentangan Angkutan Konvensional Dengan Angkutan Berbasis Aplikasi di Kota Bandung Pada Harian Umum Piki

Pratama, Rizky (2018) Pembingkaian Berita Pertentangan Angkutan Konvensional Dengan Angkutan Berbasis Aplikasi Di Kota Bandung (Analisis Framing : Robert N. Entman Berita Pertentangan Angkutan Konvensional Dengan Angkutan Berbasis Aplikasi di Kota Bandung Pada Harian Umum Piki. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberitaan Pemberitaan Pertentangan Angkutan Konvensional Dengan Angkutan Berbasis Aplikasi Di Kota Bandung pada Harian Umum Pikiran Rakyat. Untuk menjawab penelitian ini, peneliti menggunakan empat tahap yang dijadikan sub-fokus sebagai identifikasi masalah yaitu pendefinisian masalah, perkiraan sumber masalah, penliaian moral, serta upaya penyelesaian masalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis framing model Robert N. Entman. Model ini digunakan untuk mengetahui cara media massa mengkontruksikan realitas dengan empat tahap indentifikasi masalah. Data peneliti pemberitaan Pertentangan Angkutan Konvensional Dengan Angkutan Berbasis Aplikasi Di Kota Bandung pada Harian Umum Pikiran Rakyat menggunakan data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan seorang redaktur dari Harian Umum Pikiran Rakyat, yang dipilih karena berhubungan langsung dengan pembuatan berita Pertentangan Angkutan Konvensional Dengan Angkutan Berbasis Aplikasi Di Kota Bandung. Teknis analisis data dilakukan dengn cara penyeleksian data, klasifikasi data, merumuskan hasil penelitian dan menganalisa hasil data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bawah Harian Umum Pikiran Rakyat membingkai berita Pertentangan Angkutan Konvensional Dengan Angkutan Berbasis Aplikasi Di Kota Bandung mempunyai sudut pandang masalah sosial dan ekonomi yang dimana angkutan konvensional merasa dirugikan terhadap munculnya angkutan online, dalam hal ini pemerintah harus membuat peratutan agar tidak terjadi konflik horizontal terhadap sopir angkutan. Saran untuk Harian Umum Pikiran Rakyat tetap terus mempertahankan nilai berita pada setiap informasi yang disajikan. Saran bagi penelitian seterusnya yakni peneliti harus dapat menguasai analisis framing dan permasalahan berita dengan baik untuk pemahaman berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Framing, Robert N. Entman, Harian Umum Pikiran Rakyat
Subjects: ?? UNIK1514 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58941

Actions (login required)

View Item View Item