Strategi Komunikasi Samsat Wilayah Kota Bandung 1 Pajajaran Melalui Sosialisasi E-Samsat Dalam Menarik Masyarkat Wilayah Papajaran Untuk Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Anggara, Gilang (2018) Strategi Komunikasi Samsat Wilayah Kota Bandung 1 Pajajaran Melalui Sosialisasi E-Samsat Dalam Menarik Masyarkat Wilayah Papajaran Untuk Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maksud penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan Strategi Komunikasi Dinas Pendapatan Wilayah Kota Bandung 1 pada program sosialisasi E-samsat dalam menarik masyarakat wilayah pajajaran untuk membayar pajak kendaraan bermotor, peneliti menggunakan subfokus Perencanaan, Tujuan, Pesan dan Media. Metode Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan Studi deskriptif. Informan penelitian berjumlah 5 (lima) orang, 2 informan kunci dan 3 informan pendukung yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, studi pustaka, internet searching, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam Dinas Pendapatan Wilayah Kota Bandung 1 Pajajaran melakukan Strategi Komunikasi dengan menentukan Perencanaan yang melibatkan Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat dengan tahapan rapat kordinasi, sosialisasi, masyarakat, dengan adanya anggaran yang sudah ditentukan.Tujuan untuk mempermudah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor dan meningkatkan kesadaran masyarakan akan wajib pajak kendaraan bermotor. Pesan yang disampaikan seputar pemberian wawasan kepada masyarakat agar menarik masyarakat unutk membayar pajak melalui ATM jadi tidak perlu repot datang kekantor samsat.Media yang digunakan berupa media elektronik aplikasi (facebook), (Instagram), (Twitter),(web). Media cetak brosur,gantungan kunci. Simpulan Penelitian berdasarkan hasil penelitian bahwa Program Sosialisasi Esamsat yang dilakukan Dinas Pendapatan Wilayah Kota Bandung 1 Pajajaran ini dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan yang sudah direncanakan dengan apa yang diharapkan meskipun ada beberapa kekurangan dalam penyampaiannya. Saran : Perencanaan yang sudah dilakukan setelah dilaksanakan sebaiknya dilakukan lagi lebihbaik dengan mengadakan ivent-ivent yang lebih besar lagi, membuka stand di carfriday dago, dengan begitu bukan hanya masyarakat wilayah pajajaran saja yang tau akan adanya soisalisasi E-samsat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Sosialisasi,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58942

Actions (login required)

View Item View Item