Makna Kesenjangan Ekonomi Dalam Iklan Meikarta

Yudhistira, Defky (2018) Makna Kesenjangan Ekonomi Dalam Iklan Meikarta. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Makna Kesenjangan Ekonomi dalam Iklan Meikarta ��Aku Ingin Pindah ke Meikarta��. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes yang mencari makna dari tanda denotatif, konotatif dan mitos/ideologi. Data diperoleh dari studi pustaka, internet searching dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahap pengumpulan data, analisis data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan tanda denotasi dari iklan meikarta yaitu sebuah gambaran keadaan kota besar pada saat ini, kehidupan kota pada saat ini dan mimpi kehidupan masyarakat kota untuk hidup lebih baik dan bahagia. Tanda konotasi dari iklan ini yaitu gambaran kesedihan, keputusasaan, ketidakpedulian, kesenjangan, ekonomi, bahkan ideologi perusahaan. Tanda mitos dalam Iklan Meikarta memberikan gambaran keadaan kesenjangan ekonomi, kekuasaan, kekuatan dan idelogi anarko kapitalisme. Simpulan penelitian menunjukan bahwa makna kesenjangan ekonomi tergambarkan dalam bagaimana kerja dari sebuah tanda tanda yang menggambarkan kesenjangan ekonomi yang dialami pada saat ini oleh masyarakat Indonesia dan pembuatan iklan ini memperjelas keadaan kesenjangan di Indonesia. Saran yang dapat peneliti berikan bagaimana membaca kerja dari tanda tanda dengan mengambil isi pesan yang disampaikan oleh pembuat. Memberikan kesadaran bahwa tanda dan makna tersebut terjadi karena tanda tanda itu merupakan hasil dari kontruksi sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Denotasi, Konotasi, Mitos/Ideologi, dan Kesenjangan Ekonomi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58993

Actions (login required)

View Item View Item