Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk (Bank Bjb) Bandung Dalam Mempromosikan Tabungan Tandamata My Fisrt

Riefki Imran Ramdhan, Muhammad (2018) Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk (Bank Bjb) Bandung Dalam Mempromosikan Tabungan Tandamata My Fisrt. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank Bjb) Bandung oleh Bagian Marketing Communication Melalui Kegiatan ��Bjb Futsal Championship�� Dalam Mempromosikan ��Tabungan Tandamata My First�� Kepada Generasi Muda di Kota Bandung. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, peneliti telah menyusun beberapa fokus penelitian mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilihat dari Tujuan, Penetapan sasaran, Pengembangan promotional mix, dan Evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian studi deskriptif. Proses pemilihan informan menggunakan teknik snowball sampling untuk 2 informan kunci, dan purposive sampling untuk 4 informan pendukung. Selain itu, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumentasi, referensi buku, penelitian terdahulu dan pencarian data di internet. Teknik analisa data yang digunakan adalah model siklus Miles dan Huberman untuk membahas mengenai permasalahan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Bagian Marketing Communication Bank Bjb, peneliti mengetahui bahwa Tujuan dari kegiatan Bjb Futsal Championship adalah mengakusisi nasabah, membentuk brand awareness dan mengajak dan memberi pelajaran kepada para pelajar SMP dan SMA untuk memiliki minat menabung menggunakan tabungan tandamata My First. Tujuan tersebut ditentukan oleh Divisi Corporate Secretary Bank Bjb dengan melakukan tahap-tahap penentuan tujuan seperti melihat peluang, menyusun strategic plan, melakukan meeting, dan menyelenggarakan kegiatan Bjb Futsal Championship. Sasaran pada kegiatan turnamen futsal ini adalah para pelajar SMP dan SMA yang berminat mengikuti turnamen futsal dengan syarat, mereka hanya perlu membuka rekening tabungan tandamata my first. Pengembangan Promotional Mix yang dilakukan yaitu periklanan melalui beberapa media diantaranya, surat kabar, radio, billboard, poster, Instagram, Twitter, dan Facebook. Evaluasi yang dilakukan dengan cara melakukan meeting evaluasi berdasarkan data, mengenai penabung lalu bekerja sama dengan setiap kantor cabang, untuk mengetahui perkembangan penabung melalui orang tuanya. Kesimpulan dari penelitian ini, menjelaskan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan oleh bagian Marketing Communication Bank Bjb sesuai dengan tahap-tahap yang sudah direncanakan sejak awal, kegiatan tersebut juga sesuai dengan kegiatan strategi komunikasi pemasaran pada umumnya, namun ada beberapa yang harus diperbaiki lagi oleh pihak Bank Bjb bila ingin mengadakan kembali kegiatan Bjb Futsal Championship ini, salah satunya seperti menentukan lapangannya. Saran yang peneliti berikan yaitu pada kegiatan promotional mix, perlu dilakukan juga hubungan masyarakat guna untuk mendekatkan hubungan antara pihak Bank Bjb dengan masyarakat luas, lalu untuk akun Instagram Bjb Futsal, buatlah agar selalu aktif dan tidak menjadi akun yang pasif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, tujuan, sasaran, promotional mix, dan evaluasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58995

Actions (login required)

View Item View Item