Kualitas Pelayanan Publik Keimigrasian Pada Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya

Alfanur Rosid, Andris (2018) Kualitas Pelayanan Publik Keimigrasian Pada Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya adalah unit pelaksana teknis yang menjalankan fungsi Direktorat Jenderal Imigrasi. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya dalam memberikan pelayanan dapat dikatakan masih belum maksimal. Hal tersebut dapat terlihat dari masih banyaknya keluhan masyarakat mengenai tingkat kepuasan mereka terhadap pelayanan keimigrasian. Teori yang digunakan penelitian ini adalah Zeithaml, Parasuraman dan Berry. Terdapat lima dimensi dalam kualitas pelayanan yaitu: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka, observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan, pertama adalah purposive yaitu untuk aparatur Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya dan yang kedua adalah accidental yaitu untuk masyarakat selaku pemohon pembuatan paspor. Hasil penelitian bahwa dilihat dari dimensi tangible berupa fasilitas fisik dan peralatan yang sering mengalami gangguan sehingga menjadi penghambat dalam proses pelayanan. Kemudian dimensi reliability berupa keakuratan yakni waktu pelayanan tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Kemudian untuk dimensi responsiveness, assurance dan emphaty aparatur sudah memberikan pelayanan dengan maksimal. Secara keseluruhan bahwa kualitas pelayanan Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya dalam pembuatan paspor dikatakan cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Publik, Imigrasi, Paspor
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58996

Actions (login required)

View Item View Item