Implementasi Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 46 Tahun 2014 Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Tawuran Dan Penggunaan Kendaraan Bermotor Bagi Peserta Didik Di Kabupaten Purwakarta

Feri, Egi (2018) Implementasi Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 46 Tahun 2014 Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Tawuran Dan Penggunaan Kendaraan Bermotor Bagi Peserta Didik Di Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Peraturan Bupati Purwakarta nomor 46 Tahun 2014 tentang pencegahan dan penanggulangan tawuran dan penggunaan kendaraan bermotor bagi peserta di Kabupaten Purwakarta bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi dari adanya tawuran dan penggunaan kendaraan oleh peserta didik di bawah umur. Namun berdasarkan observasi di lapangan, pelaksanaan penertiban penggunaan kendaraan bermotor oleh peserta didik tersebut belum dapat berjalan secara efektif. Dilihat dari masih adanya peserta didik yang membawa kendaraan bermotor ke sekolah di SMPN 1 Tegalwaru. Peneliti memfokuskan penelitian ini pada penertiban penggunaan kendaraan bermotor bagi peserta didik di SMPN 1 Tegalwaru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Implementasi Kebijakan dari Donal S. Van Meter & Carl E. Van Horn, yang ditinjau berdasarkan Variabel Standards and Objectives, Resource, Interorganizational Communication and Enforcement Activities, Characteristicts of the implementing agenci, The Dispotition of Implementor, Economi, Social and Political Conditional. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, studi pustaka dan wawancara. Informan penelitian ditentukan dengan metode purposive yaitu aparatur pelaksana di Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, SMPN 1 Tegalwaru, dan Peserta didik di SMPN 1 Tegalwaru Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kebijakan penertiban penggunaan kendaraan bermotor di SMPN 1 Tegalwaru belum dapat direalisasikan secara maksimal. Dilihat dari kurangnya sumberdaya pendukung seperti aparatur pelaksana dan fasilitas umum di wilayah Tegalwaru belum tersedia. Penyampaian informasi yang dilakukan oleh pihak pelaksana di SMPN 1 Tegalwaru masih belum berjalan secara maksimal karena kurangnya aparatur pelaksana sebagai pihak kepolisian di wilayah Tegalwaru. Kondisi sosial dilingkungan kebijakan tidak sepenuhnya mendukung, dilihat dari adanya sebagian wilayah di Kecamatan Tegalwaru yang belum tersedia angkutan umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Peraturan Bupati, kendaraan bermotor
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58998

Actions (login required)

View Item View Item