Analisis Pertumbuhan Aset dan Profitabilitas Dampaknya Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016

Ahadini, Winda (2018) Analisis Pertumbuhan Aset dan Profitabilitas Dampaknya Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Struktur modal merupakan masalah yang dianggap penting bagi setiap perusahaan, karena baik buruknya struktur modal perusahaan akan mempunyai efek yang langsung terhadap posisi finansialnya. Suatu perusahaan yang mempunyai struktur modal yang tidak baik, dimana mempunyai hutang yang sangat besar akan memberikan beban yang berat kepada perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan aset dengan menggunakan indikator asset growth dan profitabilitas dengan menggunakan indikator return on asset terhadap struktur modal dengan menggunakan indikator debt to equity ratio. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 Perusahaan Perdagangan Eceran yang terdaftar di BEI (cross section) dan 6 tahun laporan keuangan (time series), jadi total data panel (pooled data) sebanyak 36 data. Alat analisis yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji autokorelasi. Juga menggunakan analisis korelasi, koefisien determinasi dengan uji hipotesis menggunakan Uji t dan Uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling mempengaruhi struktur modal adalah profitabilitas dengan kontribusi sebesar 30,3%, sedangkan pertumbuhan aset sebesar 7,074%. Secara simultan, pertumbuhan aset dan profitabilitas mempunyai pengaruh terhadap struktur modal sebesar 37,5%, sedangkan sisanya sebesar 67,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Aset, Profitabilitas, dan Struktur Modal.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59070

Actions (login required)

View Item View Item