Pengaruh Orientasi Pembelajaran Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Kusen Astana Anyar Bandung

Yani Mulyani, Siti (2018) Pengaruh Orientasi Pembelajaran Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Kusen Astana Anyar Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keunggulan bersaing dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya orientasi pembelajaran dan orientasi pasar. Namun upaya yang dilakukan dalam meningkatkan orientasi pembelajaran, memahami orientasi pasar dan melakukann inovasi produk oleh pemilik sentra kusen masih kurang diperhatikan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi pembelajaran dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing pada sentra kusen astana anyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pengusaha yang menjalankan usahanya di sentra kusen astana Anyar Bandung yang berjumlah 31 pengusaha dengan sampel sebanyak 31 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi pearson, analisis regresi, korelasi koefisien, determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 20.0 for Windows. Hasil analisis menggunakan regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel orientasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing di IKM sentra kusen astana anyar bandung. Kedua, variabel orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing di IKM sentra kusen astana anyar bandung. Hasil analisis menggunakan uji T dapat diketahui orientasi pembelajaran, dan Orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing di IKM sentra kusen astana anyar bandung. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi orientasi pembelajaran dan orientasi pasar secara simultan memberikan pengaruh terhadap variabel keunggulan bersaing sebesar 61,4 % sedangkan sisanya sebesar 38,6 % merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Dampak dari pengaruh orientasi pembelajaran dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing yaitu berdampak pada kemampuan industri dalam bersaing dengan para pesaing. Selain itu berdampak juga pada meningkatkan keunggulan bersaing industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59155

Actions (login required)

View Item View Item