Pengaruh Rasio Hutang Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Rasio Harga Laba) Pada Sub Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bei Periode 2014-2017

Ridha Sari, Aghnia (2018) Pengaruh Rasio Hutang Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Rasio Harga Laba) Pada Sub Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bei Periode 2014-2017. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Nilai perusahaan dengan indikator rasio harga laba (price earning ratio) merupakan suatu ukuran yang dipandang oleh investor sebagai kekuatan untuk memperoleh laba dimasa yang akan datang. Perusahaan yang mempunyai kesempatan tumbuh yang besar biasanya memiliki PER yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage dengan menggunakan indikator rasio hutang (debt ratio) dan ukuran perusahaan dengan indikator kapitalisasi pasar (market capitaliziation) terhadap nilai perusahaaan dengan indikator rasio harga laba (price earning ratio). Metode yang dilakukan dengan penelitian ini adalah deskriptif verifikatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (cross section) dan 4 tahun laporan keuangan tahunan (time series), total data panel (pooled data) sebanyak 32 data. Alat analisis yang digunakan yaitu uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikonearitas dan uji autokorelasi. Juga menggunakan analisis korelasi, koefisien determinasi dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang paling mempengaruuhi nilai perusahaan adalah ukuran perusahaan dengan kontibusi sebesar 49,8%. Sedangkan variabel Rasio Hutang memiliki kontribusi sebesar 15,0%. Secara simultan Rasio Hutang dan Ukuran Perusahaan terdapat pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan kontribusi sebesar 64,9%, sedangkan sisanya 35,1% merupakan pengaruh oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasio Hutang, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59157

Actions (login required)

View Item View Item