Tinjauan Visualisasi Ideologi Pada Iklan A Mild Versi Wow Melalui Analisis Wacana Kritis

Lukman Nulhakim, Fikran (2018) Tinjauan Visualisasi Ideologi Pada Iklan A Mild Versi Wow Melalui Analisis Wacana Kritis. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui penggunaan ideologi dalam iklan, dengan menggunakan metode wacana sebagai media yang digunakan dalam penyampaiannya. Hal yang melatar belakangi penulisan ini karena iklan adalah sebuah media yang digunakan oleh beberapa orang yang memiliki kekuasaan dalam sebuah lingkungan masyarakat, sehingga iklan dapat digunakan sebagai media wacana dalam penyampaian ide atau gagasan. Walaupun demikian, dalam iklan A Mild Versi Wow ini persepsi terhadap ideologi yang terkandung tidak serta merta dapat diartikan oleh masyarakat, karena penyimbolisasian pesan tidak langsung diartikan sebagai sebuah ideologi yang ingin disampaikan. Metode yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif dan diskursif lalu menganalisisnya dengan menggunakan metode analisis wacana kritis, sehingga hasil yang didapat berupa data-data yang bersifat subjektif. Adapun hasil yang didapatkan yaitu, ideologi yang diterapkan merupakan pemikiran untuk mau menunjukkan diri, serta mencoblos pikiran. Ini merujuk pada kegiatan revolusi mental di Indonesia, yang memang nilai kebebasan dalam berekspresi dan menunjukkan diri, tidak terlalu mudah untuk diterapkan karena adanya faktor sosial budaya. Maka dari itu Sampoerna dalam iklannya ingin mengajak untuk merevolusi mental sehingga dapat membentuk karakter yang kreatif, inovatif, dan juga mau bergotong royong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: A Mild, Ideologi, Iklan, Pemikiran, Revolusi Mental, Wacana Kritis
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59210

Actions (login required)

View Item View Item