Perancangan Media Informasi Mengenai Dewa Dewi Dan Manusia Dewata Sunda Dalam Pantun Sunda Melalui Media Buku Antologi Ilustrasi

Rimbawati, Geugeu (2018) Perancangan Media Informasi Mengenai Dewa Dewi Dan Manusia Dewata Sunda Dalam Pantun Sunda Melalui Media Buku Antologi Ilustrasi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Budaya Sunda merupakan ciri khas dari sebuah kelompok masyarakat dan mencirikan dirinya sebagai manusia Sunda. Fenomena yang terjadi saat ini, adanya rekontruksi budaya yang dapat mempengaruhi budaya lainnya dan dapat mengakibatkan pengasingan terhadap budaya tertentu. Hal ini berlaku pula pada budaya Sunda yang sangat kuat budaya tuturnya. Salah satu bentuk budaya tersebut adalah kisah mitologi dalam cerita Pantun. Kekayaan budaya ini menarik untuk diangkat dan dikomunikasikan ulang. Kandungan kosmologi dan mitologi sangat kuat dalam cerita pantun kuno Sunda. Dengan demikian terdapat karakter-karakter yang dianggap dewa maupun dewi didalamnya. Kisah dewa-dewi ini mengalami berbagai perubahan yang diakibatkan oleh beberapa hal dan akhirnya cenderung dijauhkan. Diperlukan sebuah bentuk alih wahana ataupun media lain yang dapat menjadi referensi tambahan khususnya dalam bentuk visual bagi generasi baru. Melalui media buku antologi ilustrasi, kumpulan kisah dewa, dewi serta dewata ini dapat dikomunikasikan kembali dan menjadi referensi baru bagi generasi muda baik secara teks cerita juga visual karakternya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Antologi, dewa, dewi, ilustrasi, Sunda
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59257

Actions (login required)

View Item View Item