Tinjauan visual Iklan Shopee Versi "Sepedanya Mana?" melalui Semiotika Roland Barthes

Sasmita Tt, Yoyo (2018) Tinjauan visual Iklan Shopee Versi "Sepedanya Mana?" melalui Semiotika Roland Barthes. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kuis beserta pemberian hadiah sepeda oleh Presiden Jokowi merupakan sebuah peristiwa fenomenal pada setiap kesempatan bertemu dengan masyarakat. Fenomena tersebut dimanfaatkan oleh perusahaan Shopee untuk meluncurkan iklan yang menarik, yaitu dengan mengangkat parodinya fenomena kuis dan hadiah sepedanya Presiden Jokowi sebagai cerita iklannya. Tidak hanya itu, iklan ini juga memuat banyak tanda yang di dalamnya terdapat makna-makna tertentu pada setiap adegannya. Hal tersebut menjadikan faktor bahwa iklan ini menarik untuk diteliti. Adapun metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data pustaka, yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif. Sedangkan untuk metode pembahasan dan analisisnya, yaitu menggunakan semiotika Roland Barthes yang terdiri dari tataran makna denotasi, konotasi, mitos dan ideologi untuk mengungkap makna dan pesan dalam iklan tersebut. Melalui pengkajian ini didapatkan bahwa iklan ini mempresentasikan ��Shopee ingin menjadi mobile market nomer 1 di Indonesia��, layaknya seorang Presiden Jokowi yang menjadi sosok pemimpin di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Makna , Parodi, Semiotika, Shopee
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59272

Actions (login required)

View Item View Item