Perancangan Kampanye Pencegahan Trauma Psikologis Pada Anak Berkembang Menjadi Gangguan Psikologis Cemas Dan Takut Melalui Multimedia Interaktif

Nugraha Riyadi, Catur (2018) Perancangan Kampanye Pencegahan Trauma Psikologis Pada Anak Berkembang Menjadi Gangguan Psikologis Cemas Dan Takut Melalui Multimedia Interaktif. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Trauma merupakan salah satu bagian dari pengalaman hidup yang dialami oleh sebagian besar umat manusia. Banyak yang tidak menyadari bahwa trauma-trauma yang terjadi pada masa kanak-kanak memiliki potensi untuk berkembang menjadi gangguan psikologis seperti fobia dan PTSD. Mengacu pada permasalahan ini sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara mencegah agar trauma yang dialami seorang anak tidak berkembang menjadi gangguan psikologis. Wawancara mendalam dilakukan kepada ahli dan orang-orang yang terindikasi mengalami fobia dan PTSD untuk mengatahui lebih dalam terkait trauma. Trauma pada dasarnya merupakan suatu hal yang wajar terjadi pada manusia. Cara seseorang dalam menyikapi stress yang ditimbulkan dari trauma lah yang pada akhirnya akan banyak mempengaruhi apakah trauma akan berkembang menjadi gangguan psikologis atau tidak. Metode yang paling penting untuk melepaskan stress akibat trauma adalah dengan melepaskannya melalui proses venting. Proses venting adalah proses melepaskan stress dengan cara menceritakan pada pihak lain. Banyaknya anak-anak yang menutup diri menjadikan proses venting tidak dapat terlaksana. Maka diperlukan suatu media yang mengajak anak untuk mau terbuka dan bercerita ketika mengalami kejadian traumatik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: anak, fobia, psikologis, trauma, venting.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59279

Actions (login required)

View Item View Item