Isu Kembalinya Keluarga Cendana Ke Dunia Politik Dalam Media Cetak

Aldi Sugiara, Gelar (2018) Isu Kembalinya Keluarga Cendana Ke Dunia Politik Dalam Media Cetak. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

skirpsi ini dimaksudkan untuk menguraikan mengapa pemberitaan Keluarga Cendana dan Orde Baru yang menyertainya, selalu mendapat porsi utama untuk diberitakan di media masa, khususnya Majalah Tempo. Pemberitaan tersebut menjadi sebuah Laporan Utama Majalah Berita Mingguan Tempo edisi 26 Februari-04 Maret 2018.Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain analisis wacana kritis Norman Fairclough, yang terdiri dari dimensi teks, praktik wacana, dan praktik sosialkultural. Peneliti mengumpulkan data dengan studi pustaka melalui referensi-referensi terkait, wawancara dan observasi. Informan yang ditunjuk peneliti ditentukan dengan teknik purposive.Hasil penelitian menunjukkan, keseluruhan teks ini merupakan ramalan Majalah Tempo terhadap watak-watak Orde Baru yang akan muncul dengan ditandai oleh Keluarga Cendana yang kembali ke dunia politik. Isu ini memiliki nilai penting, ketokohan dan hangat di redaksi Majalah Tempo, sehingga menganggap isu ini juga penting untuk masyarakat. Majalah Tempo memandang, Orde Baru merupakan ideologi yang sudah usang. Majalah Tempo mempraktikan suatu dendam sejarah terhadap Keluarga Cendana dan Orde Baru atas pemberitaannya ini. Kesimpulan penelitian ini ialah adanya ramalan akan watak-watak Orde Baru yang akan muncul pada era reformasi. Bentuk ketidaksetujuan Majalah Tempo kepada Keluarga Cendana ialah, Orde Baru bukanlah alternatif untuk demokrasi saat ini. Majalah Tempo juga mendukung penuh untuk mempertahankan nilai-nilai demokrasi bebas dan bertanggung jawab, meski Majalah Tempo dalam pemberitaannya ini memberikan kesan negatif terhadap Keluarga Cendana dan Orde Baru. Saran dari penelitian ini adalah Majalah Tempo harus tetap netral terhadap apa yang terjadi meski itu berkatian dengan masa lalu Majalah Tempo, sehingga tetap menjunjung indepedensi media dalam menyajikan berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough, Media Massa, Majalah Tempo, Laporan Utama, Keluarga Cendana, Orde Baru.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59291

Actions (login required)

View Item View Item