Perilaku Komunikasi Pengajar di Sakola Ra'jat Iboe Inggit Garnasih Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Komunikasi Pengajar di Sakola Ra'jat Iboe Inggit Garnasih Bandung dalam Menumbuhkan Nasionalisme Peserta Didik)

Mustika, Nisrina (2018) Perilaku Komunikasi Pengajar di Sakola Ra'jat Iboe Inggit Garnasih Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Komunikasi Pengajar di Sakola Ra'jat Iboe Inggit Garnasih Bandung dalam Menumbuhkan Nasionalisme Peserta Didik). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, dan menganalisa tentang perilaku komunikasi pengajar di Sakola Ra��jat Iboe Inggit Garnasih Bandung dalam menumbuhkan nasionalisme peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi pengajar dikaji melalui komunikasi verbal, komunikasi nonverbal dan hambatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Data yang diperoleh melalui studi lapangan seperti observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi, selain itu juga melalui studi literature, dan Internet searching. Informan dipilih dengan teknik Snowball Sampling yang terdiri dari dua informan kunci dan empat informan pendukung. Uji keabsahan data yang digunakan peningkatan ketekuanan, diskusi dengan teman sejawat, membercheck, triangulasi. Hasil penelitian mengenai perilaku komunikasi pengajar di Sakola Ra��jat Iboe Inggit Garnasih dalam menumbuhkan nasionalisme peserta didik meliputi perilaku komunikasi verbal, nonverbal dan hambatan. Komunikasi verbal yang dilakukan pengajar adalah dalam bentuk bahasa umum seperti bahasa Indonesia dan bahasa Sunda pada pengajar dan bahasa Belanda yang dipelajari dalam sebuah lagu. Komunikasi nonverbal pengajar untuk menjelaskan komunikasi secara verbal agar lebih dimenegeri oleh peserta didik seperti ekspresi wajah, posture, gesture, Paralinguistik, gerak isyarat, dan jarak. Hambatan dalam perilaku komunikasi pengajar dapat berupa gangguan yang berasal dari luar maupun dalam, munculnya prasangka dan perbedaan kepentingan. Kesimpulan penelitian pada perilaku komunikasi pengajar dalam menumbuhkan nasionalisme peserta didik telah mampu membuat peserta didik antusias dalam mengikuti kegiatan seperti upacara memperingati tokoh, ziarah ke makam pahlawan .Cara menyampaian materi secara verbal dengan cara menceritakan kisah hidup para pahlawan Indonesia dengan tepat sesuai dengan usia anak-anak. Saran peneliti untuk pengajar Sakola Ra��jat Iboe Inggit Garnasih lebih mengemas kata-kata agar mudah dimengerti peserta didik, lebih baik kelas dipisah antara kelas 1 hingga kelas 6 karena selama ini masih digabung dan dirasa kurang efektif, serta penggunaan audio visual berupa film anak-anak atau animasi yang memperlihatkan kecintaannya terhadap Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Verbal, Nonverbal, Hambatan, Nasionalisme
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59292

Actions (login required)

View Item View Item