Pola Komunikasi Antarpribadi Antara Guru Dan Murid Pada Proses Pembentukan Karakter Budaya Sunda Sejak Remaja Awal Di Smp Yas Kota Bandung

Achmad Hidayatulloh, Rizky (2018) Pola Komunikasi Antarpribadi Antara Guru Dan Murid Pada Proses Pembentukan Karakter Budaya Sunda Sejak Remaja Awal Di Smp Yas Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pola Komunikasi Antarpribadi Antara Guru Dan Murid Pada Proses Pembentukan Karakter Budaya Sunda Sejak Remaja Awal Di Smp Yas Kota Bandung yang dilihat dari proses komunikasi dan hambatan komunikasi. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan studi deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan teknin Purposive Sampling, dengan informan kunci sejumlah dua orang dan pendukung tiga orang. Data diperoleh melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka. Adapun teknis analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data,pengumpulan data. penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi Hasil Penelitian diperoleh bahwa proses komunikasi yang terjadi berjalan lancar, guru dan murid bisa memerankan peran sebagai komunikator. Dalam pembentukan karakter budaya sunda guru menekankan nilai tatakrama, bahasa dan budaya. Hambatan komunikasi yang terjadi murid malu untuk bertanya serta berkomunikasi dengan bahasa sunda serta tidak membiasakan diri dalam menanamkan karakter budaya sunda di kehidupan sehari-hari. Kesimpulan proses komunikasi yang terjalin antara guru dan murid dalam proses pembentukan karakter budaya sunda berjalan dengan baik, komunikasi yang terjalin secara dua arah. Hambatan komunikasi yang terjadi karena murid takut dan malu dalam berkomunkasi bahasa sunda. Saran bagi guru harus berkomunikasi lebih terbuka dengan muridnya agar pesan bisa tersampaikan dengan baik dan murid tidak malu bertanya. Murid harus bisa membiasakan diri menanamkan karakter budaya sunda di kehidupan sehari-hari serta menghilangkan rasa malu bertanya dan takut salah dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Guru, Murid, Remaja Awal, Proses, Hambatan, Komunikasi Antarpribadi, SMP YAS
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59298

Actions (login required)

View Item View Item