Pemberitaan Pencalonan Ridwan Kamil Sebagai Gubernur Jawa Barat (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada Harian Umum Pikiran Rakyat Edisi 4, 25 dan 27 Oktober 2017)

Ashari, Andi (2018) Pemberitaan Pencalonan Ridwan Kamil Sebagai Gubernur Jawa Barat (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada Harian Umum Pikiran Rakyat Edisi 4, 25 dan 27 Oktober 2017). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian berita oleh Harian Umum Pikiran Rakyat pada pemberitaan pencalonan Ridwan Kamil dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dimunculkan pertanyaan tentang bagaimana unsur sintaksis, skrip, tematis dan retoris pada teks ini. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan studi kualitatif dan metode framing model Zhondang Pan dan Gerald M Kosicki dengan menganalisis empat elemen berita, yaitu elemen sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Objek pada penelitian yaitu tiga berita tentang pencalonan Ridwan Kamil edisi 4, 25 dan 27 Oktober 2017 dalam Harian Umum Pikiran Rakyat. Hasil penelitian yang diperoleh. Pertama, sintaksis yaitu dalam menyusun fakta wartawan Pikiran Rakyat menekankan fakta keunggulan Ridwan Kamil. Kedua, skrip yaitu dalam mengisahkan fakta Pikiran Rakyat membandingkan posisi Ridwan Kamil dengan lawannya. Ketiga, tematil yaitu dalam menulis fakta Pikiran Rakyat konsisten dalam penggunaan bentuk kalimat yang menunjukan keunggulan Ridwan Kamil dalam proses pencalonan sebaggai Gubernur. Sedangkan yang keempat, retoris yaitu dalam menekankan fakta Pikiran Rakyat cenderung kepada tahapan proses Pilkada. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan teks berita yang diberitakan oleh Harian Umum Pikiran Rakyat sebagai media massa tidak dapat terhindar dari konstruksi media. Kebijakan redaksi Pikiran Rakyat juga mempengaruhi wartawan dalam menulis berita. Saran untuk Harian Umum Pikiran Rakyat dalam struktur retoris yaitu penekanan fakta menggunakan foto lebih tepat agar dipahami oleh pembaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Framing, Media Massa, Harian Umum Pikiran Rakyat, Zhongdang Pan dan Gerard M. Konsicki, konstruktivisme.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59300

Actions (login required)

View Item View Item