Konstruksi Identitas Kelompok Suporter Flowers City Casuals (Studi Fenomenologi Terhadap Anggota Kelompok Suporter Flower City Casuals Dalam Mendukung Persib Bandung)

Jaya Chasbi, Iqbal (2018) Konstruksi Identitas Kelompok Suporter Flowers City Casuals (Studi Fenomenologi Terhadap Anggota Kelompok Suporter Flower City Casuals Dalam Mendukung Persib Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi identitas kelompok suporter Flowers City Casuals. Untuk menjawab masalah di atas peneliti mengangkat sub fokus personal layer, enactment layer, relational layer dan communal untuk mengukur fokus penelitian. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi, subjek penelitian yaitu para anggota Flowers City Casuals dan Bobotoh dengan menggunakan teknik snowball di peroleh informan sebanyak 3 (tiga) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: studi pustaka, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah dalam tahap personal layer informan membentuk identitas sebagai seorang Flowers City Casuals bahwa mereka berawal dari adanya kecintaan terhadap Persib Bandung, musik dan sepakbola inggris, Tahap kedua enactment layer informan mempertahankan prinsip stand your ground, bernyanyi menggunakan bahasa inggris, memberikan kritik, menggunakan pakaian casuals, dalam tahap Relational Layer para informan mengaggap Flowers City Casuals sebagai bagian dari keluarga, dan tempat sharing, Kesimpulan penelitian adalah semua informan telah mengalami tingkatan terakhir dalam teori identitas yaitu communal. Dimana seseorang memperhatikan apa yang dilaksanakan oleh kelompok,. Dalam hal ini apa yang dilakukan oleh informan adalah pada konteks kegiatan di luar mendukung persib seperti mengadakan acara musik, bakti sosial, nongkrong, nontong bareng, maka akan berpengaruh juga pada para informan selaku pihak yang menyesuaikan dirinya dengan identitas kelompok untuk turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Saran penelitian adalah Mengingat Flowers City Casuals merupakan basis kelompok penggemar klub sepak bola Persib dengan gaya casuals pertama di Kota Bandung, diharap harus lebih kompak, dan lebih kreatif lagi dalam memberikan dukungan terhadap Persib Bandung, serta dalam misi untuk membuat Persib Bandung lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Identitas, Identitas, Persib Bandung, Bobotoh, Suporter.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59301

Actions (login required)

View Item View Item