Strategi Komunikasi Pemasaran Komunitas Food Truckers Bandung Dalam Meningkatkan Kerjasama Bisnis

Muhammad Wildan Kamil, Nur (2018) Strategi Komunikasi Pemasaran Komunitas Food Truckers Bandung Dalam Meningkatkan Kerjasama Bisnis. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Komunitas Food Truckers Bandung Dalam Meningkatkan Kerjasama Bisnis. Untuk menjawab penelitian diatas, peneliti memutuskan Perencanaan Kegiatan, Pengembangan Media, Eksekusi Media dan Monitoring sebagai subfokus penelitian untuk menjawab fokus penelitian yaitu strategi komunikasi pemasaran. Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka didukung oleh pencairan internet dan mendokumentasikan informan berjumlah 4 orang yang terdiri dari 3 orang sebagai informan kunci, dan 1 orang sebagai informan pendukung. Penelitian ini mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Komunitas Food Truckers Bandung Dalam Meningkatkan Kerjasama Bisnis ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan yang diawali dengan diskusi dari anggota komunitas Food Truckers Bandung serta sharing informasi bisnis. Lalu pengembangan media yang berawal dari konten seperti foto, video, dan keterangan yang mereka siapkan serta media yang mereka akan gunakan yaitu Instagram. Selanjutnya kesiapan media dan anggota serta kelebihan media yang menjadi bagian dari tahapan eksekusi media yang mereka jalankan. Terakhir komunitas melakukan monitoring baik secara personal ataupun bersama-sama dengan anggota lainnnya untuk media yang mereka jalankan. Hasil dari monitoring menjadi bahan perencanaan dan pengembangan selanjutnya. Kesimpulan penelitian yaitu strategi komunikasi pemasaran telah dilakukan oleh komunitas Food Truckers Bandung. Tetapi tidak secara maksimal. Pengembangan media, Eksekusi media dan Monitoring merupakan hal yang tidak dilakukan secara maksimal oleh komunitas ini. Hanya tahapan perencanaan kegiatan yang mereka jalankan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan mereka lebih berfokus terhadap food truck mereka dalam setiap acaranya. Saran penelitian sebaiknya komunitas membuat sebuah kegiatan yang menjadikan komunitas Food Truckers Bandung ini sebagai pilar utama dalam acara tersebut. Mengadakan workshop mengenai food truck. Hal ini akan berpengaruh kepada kredebilitas dari komunitas ini sendiri. Selain itu komunitas harus terus memaksimalkan media yang mereka gunakan sekarang yaitu Instagram, karena media ini banyak sekali fitur-fitur yang dapat membantu komunitas untuk tetap mengembangkan bisnis dan meningkatkan nilai lebih terhadap komunitas ataupun secara personal dari anggotanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunitas, Food Truck, Perencanaan Kegiatan, Pengembangan Media, Eksekusi Media, Monitoring
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59302

Actions (login required)

View Item View Item