Penggunaan Media Sosial Instagram Oleh Admin Akun @injo.id dalam Penyebaran Pesan Dakwah Islam (Studi Deskriptif mengenai Penggunaan Media Sosial Instagram Oleh Admin Akun @injo.id dalam Penyebaran Pesan Dakwah Islam)

Eko Sriyanto, Riawan (2018) Penggunaan Media Sosial Instagram Oleh Admin Akun @injo.id dalam Penyebaran Pesan Dakwah Islam (Studi Deskriptif mengenai Penggunaan Media Sosial Instagram Oleh Admin Akun @injo.id dalam Penyebaran Pesan Dakwah Islam). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Sosial Instagram Akun @injo.id dalam Penyebaran Pesan Dakwah Islam yang dilihat dari Penggunaan Pesan/Caption, Tagar/Hastag, Arroba/Mentions, Suka/Like dan Komentar. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan studi deskriptif. Proses pemilihan informan menggunakanteknik purposive sampling. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan studi pustaka (studi literatur, internet searching) dan studi lapangan (wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi). Teknik analisi data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian diperoleh bahwa penggunaan media sosial instagram akun @injo.id yang dibentuk tahun 2015. Penggunaan pesan atau caption, merupakan fitur untuk menulis deskripsi sebuah konten yang diunggah untuk memperkuat karakter atau pesan yang ingin disampaikan pada konten tersebut. Penggunaan Hastag, Semua konten yang ada pada akun @injo.id, peneliti melihat ada hastag yang menjadikan hal tersebut pengkategorian sebuah konten. Penggunaan Like, fitur ini akan ada disetiap konten yang diunggah oleh penggunaanya. Love atau like merupakan Bahasa yang dimiliki oleh Instagram. Penggunaan Komentar, Interaksi di dalam akun Istagram @injo.id pada kolom komentar. Pada kolom tersebut tidak terbatas jumlah user atau pengguna yang berkomentar. Penggunaan Mentions, Mentions atau disebut juga dengan Arroba, adalah fitur yang para penggunanya dapat menyinggungpengguna lainnya yang juga dengan menambah tanda arroba (@) dan memasukkan akun instagram tersebut. Kesimpulan penggunaan media sosial Instagram akun @injo.id dalam penyebaran pesan dakwah islam adalah menggunakan media internet sebagai bentuk komunitas. Saran bagi akun @injo.id adalah menambah pengetahuan dan menginspirasi kepada masyarakat umum dengan menambahkan konten dari berbagai sumber agama yang ada di Indonesia. Dengan begitu eksistensi akun @injo.id juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Penggunaan Fitur Instagram, studi deskriptif, @injo.id, Media Sosial Instagram
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59306

Actions (login required)

View Item View Item