Proses Komunikasi Interpersonal Orang Tua Kepada Anak Autis (Studi Deskriptif Mengenai Proses Komunikasi Interpersonal Orang Tua Kepada Anak Autis Di Kota Bandung)

Amilia, Dian (2018) Proses Komunikasi Interpersonal Orang Tua Kepada Anak Autis (Studi Deskriptif Mengenai Proses Komunikasi Interpersonal Orang Tua Kepada Anak Autis Di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Komunikasi Interpersonal Orang Tua Kepada Anak Autis Di Kota Bandung. Untuk menjawab dari tujuan penelitian tersebut, peneliti menetapkan sub fokus pada Komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi deskriptif dimana informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang terdiri dari empat informan kunci sebagai orang tua dan satu informan pendukung psikolog anak sebagai informan pendukung.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi interpersonal yang dilakukan antara orang tua dengan anak autis tidak seperti melakukan komunikasi dengan anak normal dan sulit untuk melakukan komunikasi agar dapat dipahami oleh anak autis. Komunikasi verbal yang dilakukan dengan autis harus jelas, tegas, singkat dan juga dengan menggunakan metode gambar, serta adanya kata-kata perintah yang diberikan demi kemandirian anak autis. Komunikasi nonverbal dilakukan dengan gerakan-gerakan ketika orang tua memberikan larangan kepada anak dengan menggunakan gerakan jari telunjuk yang mengacung kemudian digoyangkan, mereka akan segera berhenti melakukan hal tersebut dan memahami bahwa hal tersebut dilarang. Faktor penghambat dalam berkomunikasi dengan anak autis yaitu sulitnya melakukan kontak mata, kurangnya respon yang diberikan, kesulitan berbicara yang dialami anak autis, serta gangguan pada bidang sensori. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses komunikasi interpesonal yang digunakan orang tua dengan anak autis menggunakan komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal, namun tentu saja dalam setiap komunikasi tidak akan terlepas dari adanya faktor penghambat.Saran yang dapat peneliti berikan adalah untuk orang tua yang memiliki anak autis, untuk masyarakat umum, dan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, faktor penghambatan, orang tua dan anak autis.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59307

Actions (login required)

View Item View Item