Pembangunan Aplikasi Virtual Gamelan Bali Berbasis Android

Ayu Sofiani Dewi Yulandari, Ida (2018) Pembangunan Aplikasi Virtual Gamelan Bali Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Gamelan Bali adalah kesenian Bali yang harus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia, biasanya dimainkan secara bersama-sama. Minimnya sarana untuk memainkan gamelan Bali, membuat banyak peminatnya tidak bisa memainkan gamelan Bali. Maha Gotra Ganesha (MGG), adalah sebuah unit kesenian yang memfokuskan kepada kesenian tari dan tabuh, mengalami kendala terkait sarana latihan, karena jadwal yang terbatas dan jarak. Maka, dikembangkan lah sebuah aplikasi virtual gamelan Bali berbasis android, dengan tujuan untuk menyediakan sarana memainkan gamelan Bali dan membantu para anggota MGG untuk berlatih memainkan gamelan Bali diluar jadwal latihan. Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini adalah metode Multimedia Developtment Life Cycle Luther-Sutopo dan menggunakan pemodelan sistem Object-Oriented Programming (OOP). Dalam aplikasi ini ditambahkan fitur multiplayer , dengan menggunakan service dari Photon Unity Networking yang sudah terintegrasi dengan Unity. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan didapatkan hasil, bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk memainkan gamelan Bali dengan baik, dan Photon Unity Networking dapat diimplementasikan untuk fitur multiplayer dalam aplikasi Virtual Gamelan Bali ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gamelan Bali, Object-Oriented Programming, Luther Sutopo, Multimedia Developtment Life Cycle, Photon Unity Networking.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59330

Actions (login required)

View Item View Item