A contrastive Analysis Between Japanese Learner, Japanese Native Speaker, and Indonesian Native Speaker Use of Request Speech Act in E-Mails

Hakiki, Chika and Saeful Bachri, Aep and Sutijiati, Neneng (2018) A contrastive Analysis Between Japanese Learner, Japanese Native Speaker, and Indonesian Native Speaker Use of Request Speech Act in E-Mails.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu media tulisan yang dapat digunakan untuk mengungkapkan permohonan adalah e-mail. mengungkapkan permohonan melalui e-mail bisa digunakan ketika ada jarak jauh atau situasi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan permohonan secara verbal. Pembe;ajaran Bahasa Jepang pun pastinya pernah menggunakan e-mail untuk bermacam hal dan mereka mungkin akan menggunakan e-mail nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan strategis tindak tutur ungkapan permohonan orang Indonesia pembelajar bahasa Jepang lalu membandingkannya dengan penutur asli bahasa Jepang dan penutur asli bahasa Indonesiauntuk melihat persamaan dan perbedaan ketiganya, serta menganalisis apakah tindak tutur pembelajar lebih dekat dengan bahasa ibunya atau bahasa yang dipelajarinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desktiptif dan sumber data yang digunakan adalah jitsurei total 45 transkrip e-mail oleh Japanese speaker (JS), Indonesian Speaker (IS), dan Indonesia Japanese Learning (IJL). Dari hasil analisis data, JS dan IS cenderung melilih bentuk permohonan langsung 1 (kalimat deklaratif), sementara IJL cenderung menggunakan bentuk langsung 2 (kalimat interogatif). Untuk penggunaan strategi, sebagian besar IJL telah dapat beradaptasi dengan strategi permohonan JS (atena , yobikake, futan keigen, shosan, kansha, dan aisatsu akhir) walaupun dalam beberapa bagian (aisatsu awal, nanori, dan shomei) masih ada gaya menulis IS yang tertinggal dalam cara e-mail IJL.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, ungkapan permohonan, email, pembelajaran bahasa Jepang
Subjects: Prosiding
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59356

Actions (login required)

View Item View Item