Pembangunan Sistem Informasi Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management Di Cv. Nirmalla Graha

Ahyar Subarkah, Hoeril (2018) Pembangunan Sistem Informasi Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management Di Cv. Nirmalla Graha. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Nirmala Graha merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan penjualan berbagai profil gypsum untuk keperluan konstruksi rumah tangga, kantor dan lainnya. Permasalahan yang sering kali terjadi yaitu cara perusahaan menentukan jumlah pemesanan bahan baku yang hanya diperkirakan dari penjualan produk pada periode sebelumnya. Sehingga dalam hal pemantauan ketersediaan bahan baku tidak dapat menunjukkan informasi yang akurat dikarenakan pemantauan stok bahan baku belum berjalan dengan baik sehingga sering kali terjadi kekurangan maupun kelebihan stok bahan baku. Kelebihan bahan baku casting yang tersimpan di gudang akan mengeras jika tempat penyimpanan lembab, sehingga bahan baku casting selalu dipesan seminimal mungkin pada saat pemesanan bahan baku. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan persediaan dan pemesanan bahan baku yang tidak terencana dengan baik. Metode peramalan yang digunakan yaitu algoritma fuzzy time series serta menentukan besarnya safety stock agar tidak terjadi out-of-stock. Hasil penelitian diuji menggunakan perhitungan kesalahan Average Forecasting Error Rate (AFER) dengan hasil 1% maka keakuratan peramalan sangat baik digunakan untuk penelitian ini. Berdasarkan permasalahan yang terdapat di CV. Nirmalla Graha, maka dibutuhkan suatu sistem informasi supply chain management. Tujuan pembangunan sistem ini untuk memudahkan produksi dan pembelian bahan baku yang diperlukan untuk produksi agar terhindar dari kekurangan maupun kelebihan stok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemesanan, bahan baku, fuzzy time series, safety stock, out-of-stock, Average Forecasting Error Rate, supply chain Management.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59362

Actions (login required)

View Item View Item