Pembangunan Purwarupa Sistem Lampu Lalu Lintas Dengan Kemampuan Deteksi Pelanggaran Lalu Lintas Menggunakan Pengolahan Citra

Rezki, Muhamad (2018) Pembangunan Purwarupa Sistem Lampu Lalu Lintas Dengan Kemampuan Deteksi Pelanggaran Lalu Lintas Menggunakan Pengolahan Citra. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Saat ini di Indonesia, sudah mulai diterapkan monitoring lalu lintas dengan menggunakan kamera CCTV. tempat pusat monitoring tersebut dikenal dengan nama Area Traffic Control System (ATCS). Sistem yang digunakan ATCS adalah sistem monitoring manual yang dilengkapi dengan jumlah CCTV yang sudah banyak terpasang di banyak persimpangan, namun belum ada satupun CCTV tersebut yang sudah terintegrasi dengan lampu lalu lintas, monitoring dilakukkan secara manual oleh operator yang bertugas, sehingga tidak sedikit pelanggaran yang tidak terpantau terjadi di persimpangan, akibatnya kemacetan terjadi di berbagai titik persimpangan. Pada penelitian ini akan dibangun Purwarupa Sistem Lampu Lalu Lintas yang terintegrasi dengan lampu lalu lintas yang nantinya akan mampu mendeteksi setiap pengendara yang melakukkan pelanggaran, yang dimana pelanggaran tersebut mengakibatkan kemacetan.. Pelanggaran yang akan dideteksi oleh sistem ini adalah pelanggaran zebra cross dan pelanggaran pada jalur kiri persimpangan., dengan menggunakan Background Substraction dan Blob Detection untuk mendeteksi mobil yang ada pada persimpangan dan yang melakukkan pelanggaran. Hasil pengujian yang dilakukkan menunjukan bahwa sistem berhasil mendeteksi pelanggaran pada zebra cross, dengan persentase keberhasilan sebesar 80 % dan pelanggaran pada jalur kiri juga berhasil dideteksi dengan persentase keberhasilan 83 %. Kesimpulanya adalah sistem ini dapat dikatakan berhasil mendeteksi kendaraan dan pelanggaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Lalu Lintas, Lampu Lalu Lintas, Blob Detection, Image Processing, Background Substraction.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59366

Actions (login required)

View Item View Item