Pengembangan Layanan Berdasarkan Daerah Pemasaran Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management Di Pt. Brc Berkah Internasional

Rizka Firdaus, Aldi (2018) Pengembangan Layanan Berdasarkan Daerah Pemasaran Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management Di Pt. Brc Berkah Internasional. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. BRC Berkah Internasional merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan terapi dan pengobatan herbal atau klinik pengobatan Islami berupa bekam, rukiah diagnosa, detox, kay, QRMA, totok badan / wajah, terapi lintah, terapi pijat kebugaran dan beragam jenis obat �� obatan herbal. Saat ini BRC telah memiliki 43 kantor cabang layanan yang tersebar di wilayah Jawa Barat sebanyak 34 kantor cabang layanan, DKI Jakarta sebanyak 5 kantor cabang layanan dan Banten sebanyak 4 kantor cabang layanan. Jumlah cabang layanan yang banyak terdapat di wilayah Jawa Barat dengan jumlah 43 cabang layanan. Perusahaan merasa kesulitan dalam menentukan pengembangan layanan dan menyesuaikanya dengan harapan pasien di wilayah Jawa Barat. Maka, dari permasalahan yang sudah dipaparkan perlu adanya fasilitas yang dapat membantu merekomendasikan potensi pada masing �� masing cabang yang akan di kembangkan khususnya di wilayah Jawa Barat, serta mewadahi harapan pasien terhadap jasa layanan yang ditawarkan oleh BRC. Pengembangan dilakukan dengan memanfaatkan segmetasi geografis dan demografis pasien BRC, serta menyebarkan kuisioner kepada pasien jasa layanan BRC dengan menggunakan pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Adapun metode yang akan digunakan untuk menentukan daerah kota/kab untuk pengembangan layanan pada cabang yaitu Metode Bayes dan pengolahan kuisioner menggunakan metode Importance GAP. Hasil pengujian blackbox, user acceptence test (UAT) dan wawancara dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat membantu Manajer Umum dan Manajer Litbang di PT. BRC Berkah Internasional dalam menentukan daerah kota/kab yang memiliki potensi untuk pengembangan layanan pada cabang yang sesuai dengan harapan pasien, agar dapat mempertahankan pasien yang ada, maupun menarik pasien baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Pengembangan Layanan, Importance GAP
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59367

Actions (login required)

View Item View Item