Implementasi Komunikasi Kelompok Oleh Guru Dalam Metode Pembelajaran Sentra Untuk Membentuk Kemandirian Anak

Aulia Rahmah, Sofie (2018) Implementasi Komunikasi Kelompok Oleh Guru Dalam Metode Pembelajaran Sentra Untuk Membentuk Kemandirian Anak. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Skripsi ini dibuat untuk mengetahui implementasi dari komunikasi kelompok oleh guru dalam metode pembelajaran sentra untuk membentuk kemandirian anak di TK Zaid bin Tsabit. Penelitian ini mendiskusikan implementasi komunikasi kelompok dilihat dari proses komunikasi dan hambatan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti ada dengan studi pustaka, penelusuran data secara online, wawancara, observasi serta dokumentasi dengan 3 orang informan kunci yaitu guru di TK Zaid bin Tsabit serta 3 informan pendukung yaitu Kepala TK Zaid bin Tsabit dan 2 orang tua murid. Uji keabsahan data dengan peningkatan ketekunan, triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat, teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Hasil penelitian ini bahwa implementasi komunikasi kelompok bisa dilihat melalui proses serta hambatan komunikasi. Proses komunikasi yang terjadi merupakan komunikasi langsung yang terjadi dua arah dan dilakukan terus menerus untuk membentuk kemandirian anak. Hambatan komunikasi yang terjadi adalah hambatan psikologis anak dan juga lingkungan secara fisik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran sentra membentuk kemandirian anak lewat komunikasi yang dilakukan guru secara terus menerus, karna melalui pembelajaran sentra anak diminta untuk melakukan segala sesuatunya sendiri dalam pengawasan guru. Saran yang diberikan adalah guru harus lebih kreatif dalam memberikan materi pada metode pembelajaran sentra serta bersikap lebih tegas dalam mendidik anak dan melakukan komunikasi yang berkelanjutan dengan orang tua murid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Komunikasi, Implementasi Komunikasi Kelompok, Komunikasi Kelompok, Metode Pembelajaran Sentra, Proses Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59372

Actions (login required)

View Item View Item