Perilaku Komunikasi Saudara Kembar Identik Dalam Pemilihan Pasangan Hidup (Studi Fenomenologi Mengenai Perilaku Komunikasi Saudara Kembar Identik Di Kota Bandung Dalam Pemilihan Pasangan Hidup)

Putri Pertiwi, Kharisma (2018) Perilaku Komunikasi Saudara Kembar Identik Dalam Pemilihan Pasangan Hidup (Studi Fenomenologi Mengenai Perilaku Komunikasi Saudara Kembar Identik Di Kota Bandung Dalam Pemilihan Pasangan Hidup). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Perilaku Komunikasi Saudara Kembar Identik di Kota Bandung dalam Pemilihan Pasangan Hidup. Untuk menjawab fokus penelitian mengenai perilaku komunikasi maka diangkat tiga sub fokus yaitu: komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, serta motif. Pendekataan penelitian kualitatif, metode penelitian studi fenomenologi, proses pemilihan 11 orang informan, menggunakan teknik purposive sampling, tempat dan waktu penelitian di Kota Bandung. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Uji keabsahan data dengan cara triagulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan membercheck. Teknik analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1)Komunikasi verbal berupa penggunaan bahasa Nasional (Indoensia) dan bahasa Daerah (Sunda dan Betawi) dalam berkomunikasi sehari-hari, saudara kembar mendiskusikan mengenai kriteria dari pasangan hidupnya. 2)Komunikasi non verbal dalam proses interaksi yang menunjang komunikasi verbal saudara kembar meliputi, isyarat dan juga bahasa tubuh. 3)Motif yang digunakan oleh saudara kembar dalam perilaku komunikasi yaitu motif masa lalu (because motive) dan motif masa kini (inorder to motif ) yang berorientasi pada masa yang akan datang. Kesimpulan dari Perilaku Komunikasi Saudara Kembar Identik dalam Pemilihan Pasangan Hidup adalah meskipun mereka merupakan saudara kembar identik peneliti menemukan keunikan serta perbedaan diantara saudara kembar dari cara berkomunikasinya. Hal ini menjadi perbedaan diantara keduanya, karena masing-masing anak kembar memiliki cara yang berbeda dan unik dalam berperilaku untuk pemilihan pasangan hidup. Saran kepada saudara kembar hendaknya lebih mengutarakan pendapat mereka atau lebih terbuka dalam berkomunikasi baik secara verbal, non verbal, dan motif dalam pemilihan pasangan hidupnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Saudara Kembar, Verbal, Nonverbal dan Motif.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59374

Actions (login required)

View Item View Item