Konstruksi Makna Cantik Bagi Penyiar Radio Ardan 105.9 Fm Bandung (Studi Fenomenologi Mengenai Konstruksi Makna Cantik Bagi Penyiar Radio Ardan 105.9 Fm Bandung)

Nurcholis Rahmat, Intan (2018) Konstruksi Makna Cantik Bagi Penyiar Radio Ardan 105.9 Fm Bandung (Studi Fenomenologi Mengenai Konstruksi Makna Cantik Bagi Penyiar Radio Ardan 105.9 Fm Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna cantik bagi penyiar radio Ardan 105.9 FM Bandung. Penelitian ini membahas mengenai konstruksi makna cantik bagi penyiar radio Ardan 105.9 FM Bandung dilihat dari faktor-faktor, motif serta pengalaman penyiar radio Ardan Bandung dalam memaknai cantik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Studi Pustaka dan penelusuran data online, Studi lapangan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian sebanyak lima orang, dimana semuanya merupakan informan kunci dengan penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data mencakup Reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.uji keabsahan data peneliti peneliti menggunakan Triangulasi data dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah Faktor-faktor yang menentukan penyiar radio Ardan dalam memahami makna cantik diantaranya adalah fisik dimana kesan pertama saat pertama kali bertemu, dan make up namu tidak berlebihan, selanjutnya adalah mandi agar terlihat fresh dan tidak kucel, cara berpakaian bagaimana ia mix and match pakaiannya dan yang terakhir adalah rasa percaya diri invidu tersebut. Motif penyiar radio Ardan dalam memahami makna cantik adalah penyiar harus memiliki penampilan cantik dan mearik karena dia merupakan frontine dari radio itu, radio Ardan tidak memiliki standar tertentu dalam mengatur penampilan penyiarnya, cantik penyiar radio Ardan harus memiliki karakter, karena setiap penyiar di Ardan memiliki karakternya masing-masing. Pengalaman penyiar radio Ardan dalam memaknai cantik adalah cantik tidak hanya dilihat dari penampilan saja, namun juga jika ia pintar, memiliki wawasan luas serta memiliki attitude yang baik dan menjadi diri sendiri maka ia akan tetap terlihat cantik. Kesimpulan penelitian pada Konstruksi makna cantik bagi penyiar radio Ardan adalah bahwa penampilan menjadi sangat pentik bagi seorang penyar radio karena ia merupakan frontline dari radio tersebut, namun tetap kemampuan dan wawasan yang luas juga merupakan hal yang penting yang harus dimiliki oleh seorang penyiar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Makna, Penampilan, Cantik, Ardan Radio
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59375

Actions (login required)

View Item View Item