Pola Komunikasi Antara Pengurus Organisasi Peace Generation Pada Masyarakat. (Studi Fenomenologi Pola Komunikasi Pengurus Organisasi Peace Generation Dalam Menerapkan 12 Nilai Dasar Perdamaian Pada Masyarakat Melalui Program Peace Academy Kota Bandung)

Sri Wahyuni, Syifa (2018) Pola Komunikasi Antara Pengurus Organisasi Peace Generation Pada Masyarakat. (Studi Fenomenologi Pola Komunikasi Pengurus Organisasi Peace Generation Dalam Menerapkan 12 Nilai Dasar Perdamaian Pada Masyarakat Melalui Program Peace Academy Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi pengurus organisasi peace generation dalam menerapkan 12 nilai dasar perdamaian pada masyarakat melalui program peace academy kota Bandung. Penelitian ini membahas mengenai proses komunikasi, hambatan, serta motif yang melatar belakangi pengurus atau masyarakat bergabung dengan peace generation. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi, teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi mendalam, studi pustaka, pengumpulan data online dan dokumentasi. Informan penelitian sebanyak tujuh orang, tiga informan kunci dan empat informan pendukung dengan menggunakan teknik snowball. Teknik analisa data mencakup reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Uji keabsahan data diantaranya dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi, dan member chek. Hasil dari penelitian ini adalah Proses komunikasi antara pengurus dengan masyarakat terjadi secara primer atau langsung tatap muka dan sekunder menggunakan media, selain itu mereka juga menggunakan khusus untuk pendekatannya. Hambatan yang terjadi seperti, hambatan ekologis, semantik, antropologis dan kurangnya SDM sebagai fasilitator trainers. Motif yang melatar belakangi pengurus dan masyarakat yang bergabung atau mengikuti kegiatan ini adalah mengacu pada motif menurut Alfred Schutz yakni in other to motif and because motif. Kesimpulan penelitian pola komunikasi pengurus dengan masyarakat atau peserta pada program peace academy diberikan informasi dengan metode khusus yaitu sistem TANDUR dan FIDS yang dimiliki oleh organisasi tersebut, sistem ini diterapkan berdasarkan program atau kegiatannya. Hal ini dilakukan agar peserta atau masyarakat dengan mudah menerima maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Organisasi, Fenomenologi, Peace Generation
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59383

Actions (login required)

View Item View Item