Aktivitas Komunikasi Tarian Torompio Suku Pamona Kota Tentena Kabupaten Poso Sulawesi Tengah (Studi Etnografi Komunikasi Tarian Torompio Suku Pamona Kota Tentena Kabupaten Poso Sulawesi Tengah)

Margareth Parinsi, Anastasya (2018) Aktivitas Komunikasi Tarian Torompio Suku Pamona Kota Tentena Kabupaten Poso Sulawesi Tengah (Studi Etnografi Komunikasi Tarian Torompio Suku Pamona Kota Tentena Kabupaten Poso Sulawesi Tengah). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam Akvitas Komunikasi dalam Tarian Torompio. Suku Pamona Kota Tentena Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, yang dilihat dari Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif dan Tindakan Komunikatif. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi Etnografi. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive dan snowball. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan oleh Creswell dalam buku Kuswarno suatu pengantar etnografi suatu pengantar dan contoh. Hasil penelitian diperoleh bahwa Aktivitas yang ada dalam Tarian Torompio dilihat dari situasi komunikatif yaitu pembuka, isi atau inti dan penutup. Peristiwa komunikatif yaitu setting, participants, ends, act sequence, instrumentalities dan genre. Serta tindakan komunikatif berupa verbal dalam tarian torompio yaitu lagu, syair ataupun pantun. Dan non-verbal berupa ekspresi wajah, gerak tubuh dan penampilan. Aktivitas komunikasi dalam tarian torompio ini sudah ada sejak dulu. Tujuannya adalah sebagai hiburan dan menjaga serta melestarikan kebudayaan. Kesimpulan dalam Aktivitas komunikasi dalam tarian torompio terdiri dari tiga yakni situasi komunikatif, peristiwa komunikatif dan tindakan komunikatif. Saran bagi Pemerintah dan Masyarakat kota Tentena Kabupaten Poso agar lebih sering mengadakan tarian torompio agar tarian ini lebih dikenal oleh masyarakat secara luas serta tidak menghilangkan esensi dan makna agar tidak menghilangkan unsur-unsur ciri khas tarian torompio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tnografi, Aktivitas, Situasi, Peristiwa, Tindakan dan Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59387

Actions (login required)

View Item View Item