Pembangunan Sistem Rekomendasi Warna Foundation Untuk Tata Rias Wajah Menggunakan Pengolahan Citra

Valia, Shelvira (2018) Pembangunan Sistem Rekomendasi Warna Foundation Untuk Tata Rias Wajah Menggunakan Pengolahan Citra. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Saat ini penggunaan foundation sangat diminati oleh kaum wanita. Penggunaan foundation dinilai dapat membuat tampilan tata rias wajah menjadi sempurna serta menutupi kekurangan wajah, seperti kerutan, noda bekas jerawat, dan warna kulit yang tidak merata. Saat ini untuk pemilihan warna foundation biasanya menggunakan skin tone guide. Skin tone guide ini merupakan alat ukur berupa kertas yang berisi skala warna kulit wajah dari mulai warna cerah hingga gelap. Penggunaan skin tone guide dinilai belum efektif untuk pemilihan warna foundation, maka dari itu dibuatlah sistem rekomendasi warna foundation untuk tata rias wajah menggunakan pengolahan citra. Langkah-langkah pengolahan citra yang digunakan dalam pembangunan sistem adalah face detection, cropping wajah, penyeragaman dimensi citra, pencarian fitur-fitur wajah (facial landmark detection), seperti alis, mata, hidung, pipi, dan dagu, proses contour dan highlight, dimana proses contour sendiri fungsinya untuk menyamarkan bagian wajah yang terlihat kurang sempurna, sedangkan penggunaan highlight fungsinya untuk menonjolkan bagian wajah agar terlihat sempurna. Langkah terakhir dari pengolahan citra untuk pembangunan sistem adalah gaussian blur. Gaussian blur digunakan untuk proses pembauran warna foundation, contour, dan highlight menjadi satu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tata rias, Pengolahan citra, Foundation, Skin tone guide, Face detection, Facial landmark detection, Contour, Highlight, Gaussian blur
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59400

Actions (login required)

View Item View Item