Supply Chain Management Di Pt. Sansyu Precision Indonesia

Endah Sartikasari, Astri (2018) Supply Chain Management Di Pt. Sansyu Precision Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Sansyu Precision Indonesia memproduksi dan memasarkan produk komponen automotif dan electronik yang dapat dikategorikan dengan perusahaan yang bergerak dibidang industri. Proses pemesanan dari customer akan dilakukannya produksi, customer dapat mengajukan supplier kepada Kepala Procurement. Permasalahan yang terdapat pada perusahaan yaitu proses pemesanan Kepala PPIC (Production Planning Inventory Control) kesulitan dalam memperhitungkan waktu produk selesai diproduksi sampai pengiriman produk. Proses selanjutnya yaitu Kepala Material Control kesulitan dalam memperhitungkan berapa banyak kali pembelian material ke supplier dilakukan karena dapat menyebabkan keterlambatan pada proses produksi produk. Pada proses pengiriman produk Kepala Sales & Delivery kesulitan untuk menentukan pengiriman produk beserta kapasitas kendaraan untuk mengirimkan produk yang sudah selesai ke customer. Supply chain pada perusahaan yaitu menggunakan strategi make to order dikarenakan setelah proses pemesanan akan dilakukan produksi. Perhitungan waktu selesai diproduksi sampai pengiriman produk menggunakan gann chart, untuk pembelian material ke supplier menggunakan metode Economic Order Quality (EOQ) dan penjadwalan pengiriman produk ke customer disesuaikan dengan waktu pengiriman dan kapasitas kendaraan. PT. Sansyu Precision Indonesia membutuhkan suatu sistem informasi Supply Chain Management berdasarkan beberapa permasalahan. Hasil pengujian fungsional, UAT (User Accepted Test) dan pengujian pengguna akhir disimpulkan. Pada sistem sudah dapat membantu Kepala PPIC, Kepala Material Control dan Kepala Sales & Delivery.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: supply chain, supply chain management, make to order, EOQ (Economic Order Quality), UAT (User Accepted Test)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59403

Actions (login required)

View Item View Item