Sistem Informasi Supply Chain Management Di Oscar 3 Bersaudara

Yanuarizky, Vicky (2018) Sistem Informasi Supply Chain Management Di Oscar 3 Bersaudara. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Oscar 3 Bersaudara merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 yang bergerak dibidang perdagangan makanan ringan. Produk yang dihasilkan berupa ikan petek berbagai rasa original, balado, keju, dan barbeque. Strategi yang digunakan Make-To-Stock untuk membuat stok produk digudang. Proses pengadaan bahan baku hanya memperkirakan jumlah bahan baku yang akan digunakan berdasarkan pengadaan pada periode sebelumnya, akibatnya kelebihan maupun kekurangan persediaan bahan baku di gudang. Proses pengiriman dilakukan berdasarkan jumlah pemesanan produk terbanyak. Proses pengiriman disesuaikan dengan kebutuhan retail. Sehingga bagian pengadaan kesulitan dalam menentukan jumlah pengadaan bahan baku dan bagian pengiriman kesulitan dalam menjadwalkan pengiriman produk ke retail. Berdasarkan permasalahan di Oscar 3 Bersaudara, maka dibutuhkan suatu sistem supply chain management yang bertujuan untuk memudahkan bagaian pengadaan dalam penentuan jumlah pengadaan bahan baku dan memudahkan bagian pengiriman dalam menjadwalkan pengiriman. Metode yang digunakan dalam penentuan jumlah pengadaan bahan baku menggunakan Regresi Linear dikarenakan keterkaitan variabel x yaitu periode dan variabel y yaitu data penjualan. Penjadwalan pengiriman produk ke retail menggunakan metode Branch And Bound dikarenakan dapat meminimumkan jarak pengiriman antar retail. Berdasarkan hasil pengujian disimpulkan bahwa sistem yang dibangun dapat memudahkan bagian pengadaan dalam proses penentuan jumlah pengadaan bahan baku dan memudahkan bagian pengiriman dalam jadwal pengiriman produk ke retail.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Oscar 3 Bersaudara merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 yang bergerak dibidang perdagangan makanan ringan. Produk yang dihasilkan berupa ikan petek berbagai rasa original, balado, keju, dan barbeque. Strategi yang digunakan Make-To-Stock un
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59405

Actions (login required)

View Item View Item